Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Fisika Untuk Madrasah Aliyah (MA)

Penulis

Nurul Qomariyah , Rahadi Wirawan , Hiden , Suhayat Minardi , Lalu Sahrul Hudha

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1373

Diterbitkan:

2022-02-07

Unduhan

Abstrak

Pengabdian pada masyarakat ini dilatar belakangi adanya kesenjangan kemampuan dan prestasi siswa antara Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) dalam memahami konsep Fisika. Untuk itu diadakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan alat peraga fisika pada Siswa MA, dengan harapan dapat membantu para siswa MA dalam memahami konsep fisika dengan cara pengamatan langsung menggunakan alat peraga. Kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu  pra pelaksanaan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Pra pelaksanaan dilaksanakan untuk pembuatan alat peraga sederhana pada kasus Gerak Jatuh Bebas (GJB) dan pengukuran massa jenis cairan oleh Tim Pengabdian. Alat peraga dibangun berbasis Mikrokontroler. Tahap pelaksanaan berupa pelatihan pembuatan alat peraga dengan metode direct instruction. Pada tahap ini tim pengabdian memberikan materi mengenai konsep dasar pengenalan mikrokontroler sebagai komponen alat peraga dan cara pembuatan alat peraga berdasarkan konsep Fisika.  Pada tahap ini Tim PKM juga mendemonstrasikan prinsip kerja alat peraga dan memberikan kesempatan peserta untuk mencoba langsung menggunakan alat peraga. Tahapan terakhir adalah evalusi kegiatan dengan melihat respon peserta pengabdian dan pemahaman materi kegiatan.  Kegiatan pengabdian berjalan lancar, respon peserta sangat baik. Kegiatan pengabdian memberikan pengalaman baru bagi peserta dimana siswa dapat melihat langsung fenomena fisika yang terjadi melalui pengamatan dan dan pengenalan Mikrokontroler yang sangat luas penggunaanya untuk pembuatan alat Peraga Fisika.

Kata Kunci:

alat peraga fisika, metode eksperimen, mikrokontroler.

Referensi

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Pelajaran IPA SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Kadir, A. 2013. Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Penggunaannya menggunakan Arduino. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Pratiwi, W., Sriyono, 2018, Implementasi Model STM (Sains Teknologi Masyarakat) “Two In One†Dalam Pelatihan Pembuatan Media Ajar Fisika Berbasis Arduino Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Fisika Di Kabupaten Purworejo, CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1 No. 1 (2018).

Qomariyah. N, Wirawan.R, (2018), Aplikasi sensor Infrared dan Arduino Uno Untuk Alat Peraga Sedehana Gerak Jatuh Bebas, Prosiding PKM-CSR , Vol. 1 (2018).

Rochayati dan Suprapto, 2017, Keefektifan Trainer Digital Berbasis Mikrokontroler Dengan Model Briefcase Dalam Pembelajaran Praktik Di SMK, Jurnal Kependidikan, Vol. 44 No. 2 (2017).

Sebekti, Yuliana dan Ariswan.A. 2016. Pembelajaran Fisika dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar kognitif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 2 (2).

Cara Mengutip

Nurul Qomariyah, Rahadi Wirawan, Hiden, Suhayat Minardi, & Lalu Sahrul Hudha. (2022). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Fisika Untuk Madrasah Aliyah (MA). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 103–106. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1373