Pemberdayaan UMKM Melalui Inovasi Rasa, Pengemasan Serta Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing "Kripik Singkong" Desa Langko di Era Industry 4.0

Penulis

Lalu Zulkifli , Lala Dwi Sasmitha , Atika Qomaria , Dinda Nurhandayani , Fadilla Dwi Pangestuti , Ahliah Ghurfah , Lalu Ramas Arya , Dyah Rahayu , Lalu Habib , Nita Setiawati , Nurmasita , Muhammad Rainaldy Juliansyah , Fitrianingsih , Rani Musmiawati

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1384

Diterbitkan:

2022-02-12

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

Pemberdayaan UMKM, Inovasi Rasa, Pengemasan, Pemasaran.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Lalu Zulkifli, Lala Dwi Sasmitha, Atika Qomaria, Dinda Nurhandayani, Fadilla Dwi Pangestuti, Ahliah Ghurfah, … Rani Musmiawati. (2022). Pemberdayaan UMKM Melalui Inovasi Rasa, Pengemasan Serta Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing "Kripik Singkong" Desa Langko di Era Industry 4.0. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 140–144. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1384

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Desa Langko merupakan salah satu desa yang dikenal dengan produksi berbagai makanan ringan seperti kripik singkong, kripik ubi, kue kering, kue basah, dan gula aren. Berdasarkan survei yang telah dilakukan, pengemasan kripik singkong masih terbilang sederhana dan belum memenuhi standar BPOM. Selain itu, rasa kripik singkong kurang bervariasi. Sehingga kami melakukan pendampingan UMKM ini bertujuan untuk memberikan solusi, evaluasi serta perbaikan terhadap permasalahan yang ada di UMKM  diantaranya cara pengemasan, pemasaran, serta inovasi rasa. Adapun prosedur dalam kegiatan ini adalah 1) Pendekatan dan berkoordinasi dengan pemilik dan karyawan Kripik Singkong Najmul Khair. 2) Berdiskusi mengenai permasalahan yang dihadapi mitra, sekaligus merencanakan kegiatan yang menunjukkan langkah-langkah solusi atas persoalan yang dihadapi. 3) Mahasiswa memberikan solusi sekaligus melakukan pengemasan, pemasaran dan inovasi rasa. 4) Mahasiswa melakukan survey melalui pengisian kuisioner kepuasan terhadap inovasi rasa, kemasan terbaru, dan system pemasaran. 5) Pelatihan pengemasan, dan pemasaran produk melalui digital marketing kepada UMKM. 6) Penyerahan peralatan dan hasil pemasaran yang disumbangkan kepada mitra yang terkait untuk mendukung pembuatan produk yang akan dilaksanakan kedepan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan 2 cara pengambilan data yaitu observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi rasa, pengemasan serta pemasaran yang dikembangkan sangat baik. Selanjutnya, UMKM yang terkait telah menggunakan kemasan yang sesuai dengan standar hasil dari kegiatan pengabdian melalui KKN ini.

Referensi

Rachma, R.,O., dkk. (2022). Pendampingan Proses Produksi, Penerapan Gmp (Good Manufacturing Practices) Serta Pendugaan Masa Simpan Keripik Pisang Agung Umkm Japa Desa Gadingkulon. Jurnal Budimas, 4(1), 10-20.

https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/3851/1765

Saputro A, Marchelia Nur Avirsa, Eka, Novita Sari Eka, Erlitasari, Nimas, Suyitno Imam, dan Hariri Afwan. (2019). Pengemasan Produk Sebagai Upaya Pengembangan Pemasaran Industri Kerupuk Impala. Jurnal Pengabdian Graha. 1(1):71-77.

http://journal2.um.ac.id/index.php/jgp/article/view/9967

Susetyarsi, Th. (2012). Kemasan Produk Ditinjau Dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan Dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizone Di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang. 4(3):19-28.

http://jurnal3.stiesemarang.ac.id/index.php/jurnal/article/view/157

Tajuddin, Muhammad Dan Abdul Manan. (2017). Model Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Online Dalam Mendukung Pariwisata. Jurnal Matrik. 17(1):66-74.

https://doi.org/10.30812/matrik.v17i1.62

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).