Analisis Potensi Alam Desa Kwang Rundun Untuk Menunjang Konsep Ekowisata Serta Identifikasi Desa Kwang Rundun Sebagai Desa Wisata

Penulis

Raissa Putri Nabella , Dodit Adiyatma , Nisrina Muniro , Nabilah , Baiq Tania Febrianti , Rizki Jagadraya , Lalu Japa

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1385

Diterbitkan:

2022-02-17

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

Potensiekowisata, ekowisata, desawisata

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Raissa Putri Nabella, Dodit Adiyatma, Nisrina Muniro, Nabilah, Baiq Tania Febrianti, Rizki Jagadraya, & Lalu Japa. (2022). Analisis Potensi Alam Desa Kwang Rundun Untuk Menunjang Konsep Ekowisata Serta Identifikasi Desa Kwang Rundun Sebagai Desa Wisata. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 144–151. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1385

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Sektor pariwisata yang ada di Nusa Tenggara Barat telah berkembang sangat pesat, dengan jumlah obyek tujuan wisata, pengunjung dan bentuk atraksi wisata yang terus mengalami peningkatan. Untuk memastikan perkembangan itu berdampak pada kesejahteraan masyarakat maka perlu adanya peranan aktif semua pihak diantaranya pemerintah, praktisi, masyarakat dan akademisi khususnya dosen serta mahasiswa. Mahasiswa bisa ikut serta memajukan pariwisata melalui program kegiatan KKN. Kelompok KKN Terpadu Universitas Mataram tahun ini mencoba melakukan salah satu strategi dengan cara membua tpapan penujuk arah dan promosi video wisata yang ada di Desa Kwang Rundun Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Desa Kwang Rundun memiliki beberapa macam potensi yang bisa dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai obyek kegiatan ekowisata. Potensi tersebut berupa bentangan alam dan budaya seperti PantaiGili Lunjer, zona jagung, kegiatan madanimba dan tradisi bau nyale. Tapi sayangnya potensi yang dimiliki selama ini justru tidak dioptimalisasikan secara tepat. Salah satunya adalah Pantai Gili Lunjer, yang masih memiliki pemandangan asri ini kurang dioptimalkan untuk kegiatan short trip maupun long trip. Oleh karena itu program kerja KKN yang dilaksanakanadalah Pengembangan Potensi Wisata di Desa Kwang Rundun melalui pembuatan papan penunjuk arah dan promosi wisata di social media agar potensi wisata di Desa Kwang Rundun lebih dikenal masyarakat luas.

Referensi

Aja, A. F., & Arida, I. N. S. (2020). Analisis Potensi Ekowisata dan Kesiapan Masyarakat Desa Rendu Tutubadha dalam Pengembangan Ekowisata. Jurnal Destinasi Pariwisata, 8(2):225.

Asy’ari, R., Dienaputra, R. D., Nugraha, A., Tahir, R., Rakhman, C. U., & Putra, R. R. (2021). Kajian Konsep Ekowisata Berbasis Masyarakat Dalam Menunjang Pengembangan Pariwisata: Sebuah Studi Literatur. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya, 6(1): 9–19.

Bachtiar, I., Japa, L., dan Bahri, S. (2020a). Peningkatan Pengetahuan Guru Biologi SMA Negeri Tentang Biologi Cacing Nyale Di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. 3(4):311-316.

Bachtiar, I., Japa, L., Bahri, S., dan Handayani, B.S. (2020b). Modul Pembelajaran Biologi Cacing Nyale. Mataram University Press. Matara

Bachtiar, I., Japa, L., Santoso, D. dan Syachruddin, AR. (2019). Peningkatan Pengetahuan Guru IPA SMP/MTs Tentang Biologi Cacing Nyale Di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. 2(4):433-437.

Purwana, B.H.S. (2018). Potensi Ekowisata Berbasis Budaya Masyarakat ( Social Cultural Based Tourism Potency in Senaru Village , North Lombok Regency ). Jurnal Kebudayaan, 13(2):91–106.

Murianto, & Masyhudi, L. (2018). Strategi Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat Lokal Di Teluk Seriwe Lombok Timur. Media Bina Ilmiah, 13(2):913–924.

Nuurlaily, S., Anak Agung Sagung Alit Widyastuty, & Annisa Budhiyani Tribhuwaneswari. (2020). Penguatan Promosi Desa Wisata Berbasis Kearifan Di Desa Pujon Kabupaten Malang. Jurnal Penamas Adi Buana, 4(1):5–12.

ntbprov.go.id. (2019, 25 Juli). Desa Wisata Kembang Kuning, Simpan Sejuta Pesona. Diakses pada 08 Januari 2022, dari https://www.ntbprov.go.id/post/program-unggulan/desa-wisata-kembang-kuning-simpan-sejuta-pesona

Permadi, L. A., Asmony, T., Widiana, H., & Hilmiati, H. (2018). Identifikasi Potensi Desa Wisata di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Jurnal Pariwisata Terapan, 2(1):33.

Susanto, E., Zuhri, M. T., & Muwuri, K. (2012). Konsep Pengembangan Desa Ekowisata Pampang Berbasis Partisipasi Masyarakat. Kritis, 28(2): 149–161.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).