Rumah Belajar dan Program Pendidikan sebagai Usaha Peningkatan Kualitas Pendidikan di Desa Pare Mas Kecamatan Jerowaru

Penulis

Muh. Zubair , Riska Nurwarsilla , Laily Aulia Yolanda , Lalu Riki Gita Sukma , Lina Nuriyati , Fani Rizki Pebyani , Safitri Melinia

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1399

Diterbitkan:

2022-02-18

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

Pendidikan, Rumah Belajar, Desa Pare Mas

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Muh. Zubair, Riska Nurwarsilla, Laily Aulia Yolanda, Lalu Riki Gita Sukma, Lina Nuriyati, Fani Rizki Pebyani, & Safitri Melinia. (2022). Rumah Belajar dan Program Pendidikan sebagai Usaha Peningkatan Kualitas Pendidikan di Desa Pare Mas Kecamatan Jerowaru. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 178–183. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1399

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pendidikan di Desa Pare Mas merupakan pendidikan yang sangat minim akan keterbatasan sumber daya manusianya, sarana, dan prasarana maupun pengajarnya. Sehingga memungkinkan terjadinya suatu desa atau wilayah menjadi tehambat. Dalam artikel ini, menggunakan Metode penelitian deskriptif kualitatif. Program kerja yang dibentuk oleh mahasiswa KKN adalah pengajaran di sekolah, edukasi tanggap bencana, Peningkatan Kreativitas Anak Sekolah Dasar; Kerajinan Tangan, Pendampingan Class Meeting, dan Rumah Belajar yang terdiri dari Belajar Basic English, belajar matematika, belajar mengaji, dan belajar membaca. Hasil dari realisasi pengabdian pengajaran di Desa Pare Mas terlaksana dengan baik dan dapat berjalan dengan lancar dan mampu diterima oleh anak-anak Sekolah Dasar maupun anak-anak Sekolah Menengah Pertama di Desa Pare Mas.

Referensi

Abdil, Nurul Satria, dkk. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Kampung Notoprajan. Nganpilan, Yogyakarta. Dalam Program Pengembangan Jam Belajar Masyarakat. Yogyakarta: Artikel KKN UAD.

Sanjaya. Mega. 2016. Pengajaran dan Pendalaman Materi Pelajaran Bagi Anak Sekolah di Posko Kuliah Kerja Nyata (KKN). Di Desa Sukaharja Kecamatan Cikulur. Artikel KKN STAI La Tansa Mashiro.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D, 130.

Yulita, Wardhani, dkk. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Miliran, Muja Muju, Umbulharjo Yogyakarta. Dalam Program Bimbingan Belajar Masyarakat. Artikel KKN UAD.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).