Pemanfaatan Bahan Organik Sebagai Solusi Solum Tanah Dangkal di Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kaki Gunung Raung

Penulis

Basuki Basuki , Vega Kartika Sari , Marga Mandala

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1407

Diterbitkan:

2022-02-28

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

Slateng, solum dangkal, bahan organik, peningkatan produksi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Basuki, B., Vega Kartika Sari, & Marga Mandala. (2022). Pemanfaatan Bahan Organik Sebagai Solusi Solum Tanah Dangkal di Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kaki Gunung Raung. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 208–213. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1407

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Desa Slateng terletak di kaki barat Gunung Raung di Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember. Pertanian dan peternakan memberikan sebagian besar pendapatan masyarakat. Produktivitas lahan pertanian masih rendah dibandingkan standar produksi berdasarkan deskripsi varietas tanaman. Lahan yang ditanami memiliki solum yang dangkal. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada petani Slateng untuk meningkatkan hasil tanaman budidaya dengan memperbaiki sifat-sifat tanah solum dangkal dan memproduksi pupuk organik dari limbah pertanian. Sosialisasi dan praktik merupakan metode yang digunakan dalam kegiatan ini. Peningkatan pengetahuan peserta tumbuh dari 30% menjadi 100% sebagai hasil dari latihan. Peserta cukup tertarik dengan pelatihan pembuatan pupuk organik yang membutuhkan partisipasi aktif peserta khususnya petani dengan tingkat kepuasan 90%. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat membantu meningkatkan produksi tanaman budidaya, khususnya pada lahan marginal dengan tanah solum dangkal.

Referensi

Basuki, B. Romadhona, S., Purnamasari,L. and Sari, V.K. 2021. “Kemandirian Masyarakat Desa Sekarputih Kecamatan Tegalampel Dalam Meningkatkan Kualitas Tanah Melalui Pembuatan Pupuk Organik Kotoran Sapi.†SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 5(1): 981.

Basuki, B., and Sari, V.K. 2020. “Efektifitas Dolomit Dalam Mempertahankan PH Tanah Inceptisol Perkebunan Tebu Blimbing Djatiroto.†Buletin Tanaman Tembakau, Serat & Minyak Industri 11(2): 58.

Basuki, Novikarumsari, N. D., Ibanah, I., and Fariroh, I. 2021. “Pemberdayaan Masyarakat Desa Sukamakmur Kabupaten Jember Dalam Budidaya Lobster Air Tawar.â€

Basuki, Romadhona, S., Sari, V.K, and Erdiansyah,I. 2021. “Karakteristik Iklim Dan Tanah Vulkanis Di Sisi Barat Gunung Api Ijen Jawa Timur Sebagai Dasar Penentu Pengelolaan Varietas Tanaman Padi (Oriza sativa L .) Climate Characteristics and Volcanic Soils on The West Side of Mount Ijen , East Java as The Basis.†Jurnal Penelitian Pertanian Terapan 21(2): 108–17.

Brahmantyo, B., and Salim, B. 2006. “Klasifikasi Bentuk Muka Bumi (Landform) Untuk Pemetaan Geomorfologi Pada Skala 1:25.000 Dan Aplikasinya Untuk Penataan Ruang.†Jurnal Geoaplika 1(2): 71–79.

Rusdiana, R.Y., Putri, W.K., dan Sari, V.K. 2021. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4(3):209-213.

Sari, V.K., Basuki, Mandala, M., Novikarumsari, N.D.. 2021. “Pemberdayaan Masyarakat Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Jember Mengolah Limbah Serbuk Gergaji Sengon Menjadi Biochar.†Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4(3): 2–6.

Setiawati, T C, Basuki, and Sulistyawati, N. 2019. “Pengamatan Kesuburan Tanah, Pemanfaatan Organisme Tanah Untuk Pengendali Hama Uret Serta Perbaikan Manajemen Laboratorium Berbasis ISO 17025.†Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS 5(2): 176–81.

Sukarman, S., Ai Dariah, and Suratman, S. 2020. “Tanah Vulkanik Di Lahan Kering Berlereng Dan Potensinya Untuk Pertanian Di Indonesia / Volcanic Soils in Sloping Dry Land and Its Potential for Agriculture in Indonesia.†Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian 39(1): 21.

Wibisono, Kuntadi. 2021. “Monitoring Kinerja DAS Bedadung Kabupaten Jember , Jawa Timur.†Jurnal Geografi 18(1): 52–59.

Biografi Penulis

Basuki Basuki, Program Studi Ilmu Tanah

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).