Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi SOP Mitigasi Bencana Banjir dan Gempa Bumi di SMKN 1 Sekotong Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat
DOI:
10.29303/jpmpi.v5i1.1410Diterbitkan:
2022-02-21Terbitan:
Vol 5 No 1 (2022): Januari - MaretKata Kunci:
Sekotong, sosialisasi, pengetahuan, banjir, gempa bumiArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Kecamatan Sekotong termasuk dalam salah satu wilayah pesisir di Kabupaten Lombok Barat. Wilayah pesisir rentan akan terjadinya bencana banjir terutama ketika memasuki musim penghujan karena adanya 2 pertemuan air yang berasal dari bukit dan air pantai pasang yang diapit oleh sungai diantara keduanya. Hal tersebut dapat berdampak lebih besar jika dibarengi oleh musim penghujan dengan intensitas yang besar dan cukup lama. Selain ancaman banjir, Kecamatan Sekotong juga memiliki potensi ancaman gempa bumi karena letaknya yang dekat dengan pesisir. Maka dari itu, tim mahasiswa KKN melakukan kegiatan sosialisasi edukasi sadar bencana SOP mitigasi bencana banjir dan gempa bumi di beberapa sekolah salah satunya di SMKN 1 Sekotong. Hampir siswa di SMKN 1 Sekotong belum pernah mendapatkan penyuluhan atau sosialisasi terkait SOP mitigasi bencana. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya mengetahui risiko, dampak serta langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum, saat dan setelah bencana melanda.
Referensi
Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana, Edisi 2017: BNPB
Haryanto, Heru, 2001, Manajemen Penanggulangan Bencana, Profil Manggala Agni, Jakarta.
Maryono, Agus, 2005, Menangani Banjir, Kekeringan dan Lingkungan, Gadjah Mada University Pers, Yogyakarta
Pinuji, Sridewanto, 2019, Belajar Mitigasi Bencana dari Jepang, https://www.kompasiana.com/dewantoedi/5d667fb30d82306f300cd742/belajar-mitigasi-bencana-dari-jepang, di akses tanggal 04 Januari 2022.
Purnama, Sang Gede, 2017, Modul Manajemen Bencana, Universitas Udayana, Denpasar.
UU No. 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).