Pendampingan Kegiatan Belajar Nonformal pada Siswa-Siswi di Desa Sedau Narmada Lombok Barat

Penulis

Aidal Fitri , Alfira Rosalia , Kurnia Anggriani , Sania Zamira , Kusmiyati

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1417

Diterbitkan:

2022-02-07

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

Pendampingan, Belajar, Non Formal

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Aidal Fitri, Alfira Rosalia, Kurnia Anggriani, Sania Zamira, & Kusmiyati. (2022). Pendampingan Kegiatan Belajar Nonformal pada Siswa-Siswi di Desa Sedau Narmada Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 195–198. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1417

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tujuan pendampingan belajar non-formal di posko KKN yang terletak di Dusun Paok Gading Desa Sedau adalah  untuk membantu siswa dalam melakukan kegiatan belajar. Kegiatan ini dilakukan dari bulan November-Desember 2021. Pelaksanaan kegiatan ini melalui beberapa tahapan yaitu 1). Memotivasi siswa siswi; 2). Menyampaikan gambaran umum materi yang akan diajarkan; 3). Ceramah; 4). Tanya jawab; 5).  Permainan berupa kuis; 6). Pemberian hadiah (reward). Kegiatan pendampingan belajar pada masyarakat mendapat sambutan positif dari pihak orang tua, dengan memberikan ijin putra putrinya mengikuti kegiatan, terlihat banyak siswa yang hadir setiap ada jadwal belajar di posko KKN. Selama kegiatan, siswa yang hadir mengikuti dari awal hingga akhir. Pihak sekolah juga menyambut positip  karena kegiatan pendampingan  belajar siswa ini sesuai dengan kebutuhan mereka dan memotivasi siswa agar lebih bersemangat dalam belajar. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah : 1). Antusias siswa-siswi sangat tinggi dalam mengikuti proses pembelajara, terlihat dari banyaknya siswa-siswi yang hadir dalam setiap proses pembelajaran; 2).Semangat belajar siswa-siswi sangat tinggi, terlihat dari siswa-siswi yang sangat aktif saat proses pembelajaran

Referensi

Adecahyani. (n.d.). matematika geometri. elib.unikom.

Agustina, E., Rohma, Kuspiyah. (2019). Pendampingan Bimbingan Belajar Bahasa Inggris dan Bakti Sosial di Yayasan Pendidikan dan Sosial RoudlotutThullab. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1 (1) 1-5.

Ari, Ardhi, W. (2015). Analisis Kepuasaan Siswa Terhadap Kegiatan Pembelajaran Biologi Pada Sekolah Formal Dan Lembaga Bimbingan Belajar Non-Formal diKota Madiun. Jurnal Penelitian LPPM IKIP PGRI Madiun. 3 (1) 1-5.

Nayla, I. (2017) Materi Pecahan Matematika Kelas 4 SD. SRIBD.

Zuhroh, F. (2020). Conversation for Kids. Listen English.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).