Optimalisasi Lingkungan untuk Mendukung Potensi Pengembangan Wisata Pantai di Desa Ketapang Raya Kecamatan Keruak, Lombok Timur.

Penulis

Zoul Fakar , Sofyan Hidayat , Nurul Hatika , Didan Arya Ramadhan , Fisha Shalsabila , Miftahul Khairat , Nina Nurraudatul Jannah , Ghinayatul Amjad , Muhammad Danial Ali Yafi , Masita , Baiq Serena Diva sabatani , Nanang Riadi , Abdul Syukur

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1442

Diterbitkan:

2022-03-01

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

Desa Ketapang Raya; Lingkungan; Kebersihan; Pantai.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Zoul Fakar, Sofyan Hidayat, Nurul Hatika, Didan Arya Ramadhan, Fisha Shalsabila, Miftahul Khairat, … Syukur, A. (2022). Optimalisasi Lingkungan untuk Mendukung Potensi Pengembangan Wisata Pantai di Desa Ketapang Raya Kecamatan Keruak, Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 242–246. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1442

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Potensi desa yang ada di Desa Ketapang Raya cukup besar, salah satunya adalah destinasi wisata pantai Lungkak yang mulai mendapat perhatian dari para wisatawan yang banyak datang berkunjung, akan tetapi kurangnya kesadaran dan perhatian masyarakat akan kebersihan lingkungan sekitar dan juga penghijauan di area wisata pantai tersebut menjadi kendala dalam perkembangan destinasi wisata pantai di desa ini. ujuan dilakukan kegiatan ini adalah untuk membersihkan lingkungan sekitar dan perbaikan lingkungan guna melestarikan tempat wisata di pantai Lungkak Desa Ketapang Raya serta membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Kegiatan pembersihan pantai  ini berfokus  disekitaran taman lungkak hingga pesisir pantai. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan mahasiswa KKN dan masyarakat setempat serta mitra kerja seperti karang taruna dan pokdarwis. Kegiatan penanaman dilaksanakan pada minggu pertama di sekitar pesisir pantai, jenis yang ditanam merupakan jenis tanaman lokal setempat. Bibit diperoleh dari pihak BPDASL Pringgabaya. Luas areal tanam ± 10 are. Kegiatan penanaman melibatkan mahasiswa KKN dan masyarakat setempat. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa masyarakat di area pantai maupun pengunjung masih memiliki kesadaran yang minim terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan juga kurangnya dukungan pembuangan sampah dari pihak desa membuat mereka terkadang membuang sampah di laut atau membakarnya, namun masyarakat terlihat antusias saat adanya kegiatan penghijauan yaitu penanaman pohon.

Referensi

Al Idrus, A., Syukur,A., & Zulkifli, L. (2018).The Perspective of Local Community’s on Mangrove Resilience and Needs Conservation Along the Southern Coast of Lombok Island, Indonesia. Proceedings of ICPS 2018, 978-9.

Djaro, M. R. C., Aprianto, R., Fani, O. W. A., Asmarini, S. D., Rinaryanto, I. T., & Syukur, A. (2021). Optimalisasi Pariwisata Dengan Memperbaharui Lingkungan Fisik Serta Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Melalui Media Promosi Guna Mengembangkan Ekonomi Desa Ketapang Raya, Kecamatan Keruak, Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3).

Gustin, et al. 2021. Pengembangan Potensi Wisata untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan di Desa Kepatang Raya Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur. Jurmal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. 4(2) : 198-203

Laporan KKN Tematik Universitas Mataram 2021-2022. Optimalisasi Lingkungan Untuk Mendukung Potensi Pengembangan Wisata Pantai Di Desa Ketapang Raya Kecamatan Keruak, kabupaten Lombok Timur.

Nazaruddin. 2014. Analisis Perilaku Masyarakat Dalam Mnciptakan Kebersihan Lingkungan Di Kota Pekanbaru. No 2. Vol 1: Hal 1.

Pratiwi, D. A. 2017. Pemberdayaan Rw 12 dalam Kegiatan Penghijauan Di Kavling Mandiri Kelurahan Sei Pelunggut. Minda Baharu, 1(1), 25-32. http://doi.org/10.33373/jmb.vlil.1170.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).