Pemberdayaan Masyarakat Desa Mujur Kecamatan Praya Timur Melalui Pemanfaatan dan Pelatihan dalam Mengolah Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan

Penulis

M. Hasan Murdani , Nadilla Yasmiadi , Yuliatin , Dadi Setiadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1446

Diterbitkan:

2022-03-02

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

pemanpaatan, pelatihan, mengolah, sampah plastik.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

M. Hasan Murdani, Nadilla Yasmiadi, Yuliatin, & Dadi Setiadi. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Desa Mujur Kecamatan Praya Timur Melalui Pemanfaatan dan Pelatihan dalam Mengolah Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 261–265. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1446

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Sampah di Desa Mujur merupakan salah satu masalah yang belum terselesaikan hingga saat ini. Kurangnya kesadaran masyarakat tentang pengelolaan sampah mengakibatkan pencemaran dan kerusakan lingkungan, khususnya pada pengolahan limbah sampah plastik. Untuk itu pentingnya pengadaan penyuluhan pemanfaatan limbah sampah dan pelatihan pembuatan kerajinan tangan dengan menggunakan sampah plastik. KKN Terpadu Unram mengusung program pemanfaatan daur ulang sampah plastik agar dapat digunakan kembali atau diolah menjadi barang yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar.   Tujuan dari program ini adalah memberdayakan masyarakat Desa Mujur dalam pengolahan sampah menjadi kerajinan tangan menggunakan sampah plastik. Metode yang digunakan berupa pelatihan yang lebih berbasis pada praktik langsung, sosialisasi dan pembimbingan yang sifatnya monitoring. Hasil menunjukan bahwakegiatan tersebut dapat mengurangi limbah plastik dan juga dapat mengasah kreativitas masyarakat Desa Mujur saat mengisi waktu luang dirumah.

Referensi

Aminudin, & Nurwati. (2019). pemanfaatan sampah plastik menjadi kerajinan tangan guna meningkatkan kreatifitas warga sekitar institut teknologi dan bisnis ahmad dahlan (ITB-AD)JAKARTA. JURNAL ABDIMAS BSI, 67-68.

Anggun , B. S., Mita Arianie, D., Aditya Andi Risman , V., Handayani, W., & Sri Kawuryan, I. (2019). pengolahan sampah plastik di salatiga : praktik dan tantangan . jurnal ilmu lingkungan , 90-91.

Kurniawidi, D., ardianto, t., syamsuddin, alaa, s., ikhsan, a., & rahayu, s. (2021). pemilahan sampah plastik untuk mendukung program zero waste pada pusat daur ulang sampah bajang peripih doro, pringgarata, lombok tengah tahun 2021. jurnal pengabdian magister pendidikan IPA , 404.

Purwaningrum, p. (2016). upaya mengurangi timbulan sampah plastik di lingkungan . JTL, 142.

Sahil, J., Muhdar, M., Rohman, F., & Istamar Syamsuri. (2016). Sistem Pengolahan Dan Penanggulangan Sampah Di Kelurahan Dufa-Dufa Kota Ternate. Jurnal Bio Edukasi, 479.

wahyudi, j., prayitno, h., & astuti, a. (2018). pemanfaatan limbah plastik sebagai bahan baku pembuatan bahan bakar alternatif. jurnal litbang, 59.

Yuriandala, H. P. (2010). Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal sains dan teknologi lingkungan volume 2 no 1, 22.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).