Sosialisasi Zero Waste Di Desa Mujur Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tenah

Penulis

Baiq Handini Lora Padian , Baiq Risning Aulia Putri Lestari , Risma Hidayati , Dadi Setiadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1447

Diterbitkan:

2022-03-02

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

Belajar dan bermain, membaca, berhitung.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Baiq Handini Lora Padian, Baiq Risning Aulia Putri Lestari, Risma Hidayati, & Dadi Setiadi. (2022). Sosialisasi Zero Waste Di Desa Mujur Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tenah . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 273–276. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1447

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Sampah adalah masalah utama yang ada di desa Mujur Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah, hal tersebut dikarenakan belum adanya tempat pembuangan sampah akhir (TPA) dan tempat pembuangan sampah sementara (TPS) serta kurangnya pemahaman masyarakat akan pengelolaan dan pemanfaatan sampah menjadikannya sesuatu yang tidak memiliki nilai guna, membuat permasalahan sampah yang semakin menumpuk, sehingga diperlukannya pengenalan terhadap pengelolaan dan pemanfaatan sampah tersebut menjadi suatu produk yang memiliki nilai guna. Pendekatan yang akan digunakan dalam pengabdian masyarakat ini berbasis penyuluhan, para peserta sosialisasi diberikan pembekalan pemahaman lebih dulu tentang manajemen pengolahan sampah dengan prinsip 5R. Kegiatan dilaksanakan dalam beberapa tahap, yaitu  (1) Melakukan survey (2) Penyuluhan (3) Evaluasi;  Berdasarkan hasil koordinasi, maka disepakati bahwa pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan sebanyak dua kali, dimana sosialisasi pertama dilaksanakan di desa Mujur pada tanggal 8 Desember 2021 dengan pemateri dari Team Koordinator Zero Waste Dinas LHK Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kedua dilaksanakan di salah satu rumah warga di dusun berenyok pada tanggal 15 Desember 2021 dengan pemateri dari salah satu anggota KKN Terpadu Unram Desa Mujur 2021.

Referensi

Dobiki, J. (2018). Analisis Ketersediaan Prasarana Persampahan Pulau Kumo dan Pulau Kakara di Kabupaten Halmahera utara. Jurnal spasial, 221-222.

Putra, A. M., Widianti, B., Hartini, H., & Hairudin. (2021). Sosialisasi zero waste dan coaching clinic pengolahan sampah di desa labuhan haji. jurnal pengabdian kepada masyarakat , 73-74.

sudrajad, m., & lahiya, m. i. (2021). sosialisasi dan edukasi pemilahan sampah pada masyarakat di parkir bus pariwisata sunan bonang kabupaten tuban. jurnal pengabdian kepada masyarakat, 43.

Zulfikar, W., widhiyantari, I., dwi putra, g. m., muttalib, s. a., hidayat, a. f., & baskara, z. w. (2020). sosialisasi zero waste di desa kediri kabupaten lombok barat. jurnal Abdimas TPB, 18-20.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).