Belajar dan Bermain dengan Kreatif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Berhitung Anak Di Dusun Berenyok Desa Mujur Kecamatan Praya Timur
DOI:
10.29303/jpmpi.v5i1.1448Diterbitkan:
2022-03-02Terbitan:
Vol 5 No 1 (2022): Januari - MaretKata Kunci:
Belajar dan bermain, membaca, berhitung.Artikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Tingkat kemampuan membaca dan berhitung pada siswa di Dusun Berenyok Desa Mujur Lombok Tengah masih terbilang rendah, hal ini dilihat dari hasil pembelajaran yang telah dilakukan selama kegiatan KKN Terpadu berlangsung. Tujuan dari pengadaan kegiatan belajar - mengajar selain membantu orang tua siswa juga untuk memotivasi para peserta didik untuk lebih giat belajar dan mengerjakan tugas-tugas dari sekolah dengan semangat. Metode yang digunakan yaitu pendampingan siswa melalui kegiatan bimbingan belajar dan bermain yang dilaksanakan di masjid yang bertempat di Dusun Berenyok Desa Mujur Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dua kali seminggu yaitu hari Rabu dan Kamis selama tujuh minggu pada bulan November sampai bulan Januari 2021, pada pukul 16.00 WITA hingga 17.30 WITA. Teknik pengumpulan data secara tes untuk mengetahui perkembangan prestasi belajar siswa, dan secara non tes dengan wawancara untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Hasil menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan konsep bermain sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca anak dan dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak.
Referensi
Khairani, M. 2017. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Suri, N. (2020). Realisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Menunjang Tugas Dan Fungsi Guru PAI di Dalam Pembelajaran di SMP Al-Fath Cirendeu.
Humansitik, B. (2002). A. Belajar dan Pembelajaran.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).
Is, M. J., Halim, F., & Santi, Y. (2014). Konsep Belajar dengan Bermain Kreatif dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia Dini (Penelitian Kuasi Eksperimen pada PAUD/TK Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen). Lentera: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, 14(1), 146846.
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).