Pengembangan Produk Olahan Singkong Dan Gula Aren Desa Mekarsari Kecamatan Gunungsari

Penulis

Wuryantoro , Andhia Rosyantari , Adeel Ahmad Husain , Maradheta Amelia Yupita , Ria Savira , Yessy Kusuma Wati , Azizah Rizkyani , Rahma Khoirunnisa , Lilis Utari , Linda Pratami , Jimmy Areeva Amir van der Kruit , M Andre P Endyaswara , Astami Muzakir

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1475

Diterbitkan:

2022-03-15

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

Keripik Singkong, Gula Aren, Pemasaran Produk

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Wuryantoro, Rosyantari, A., Adeel Ahmad Husain, Maradheta Amelia Yupita, Ria Savira, Yessy Kusuma Wati, … Astami Muzakir. (2022). Pengembangan Produk Olahan Singkong Dan Gula Aren Desa Mekarsari Kecamatan Gunungsari. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 310–315. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1475

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstrak: Setiap daerah pasti memiliki aset atau potensi yang dapat dikembangkan,termasuk Desa Mekar Sari, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat. Salah satu aset yang dimiliki oleh masyarakat Desa Mekar sari adalah perkebunan singkong, dan aren. Dimana hasil perkebunan tersebut mengasilkan akar singkong dan gula aren. Pengelolaannya masih berbentuk barang utuh yang masih belum dikelola lebih jauh dengan nilai jualnya sangat kecil. Produk olahan dari akar singkong dan gula aren itu sangat banyak dan variasi. Pendampingan yang akan dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pengembangan olahan dari bahan baku unggulan menjadi produk keripik singkong, puding gula aren, dan gula aren briket. Pendampingan dilakukan mulai produksi, pengemasan, dan pemasaran. Pendampingan dilakukan secara berkelanjutan sampai produk yang dihasilkan bernilai jual tinggi. Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian, ketrampilan, dan pengetahuan masyarakat Desa Mekar Sari.

 

Kata kunci: Keripik Singkong, Gula Aren, Pemasaran Produk

Referensi

Anonim. Diakses melalui https://5201092012.website.desa.id/about-us pada tanggal 6 Desember 2021.

Mustanir, A., Hamid, H., & Syarifuddin, R. N., 2019, Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Desa Dalam Perencanaan Metode Partisipatif, Jurnal MODERAT, (5), 3, 227-239.

Soleh, A., 2017, Strategi Pengembangan Potensi Desa, Jurnal Sungkai, (1),5, 32-52.

Biografi Penulis

Andhia Rosyantari, Department of Pharmacy, Medical Faculty, University of Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).