Mengenali Resiko Bencana Melalui Progam Sosialisasi, Mitigasi, dan Praktik P3K di Desa Tanjung Luar

Penulis

Isna Rohma Andini , Nadita Khairunnisa , Dewi Suratni , Baiq Ashfiatun Nisa , Mulyani , Panji Lobi Rachman , Deni Ramadhani , Agil Al Idrus

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i2.1505

Diterbitkan:

2022-04-06

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Kata Kunci:

Kesiapsiagaan, Bencana Alam, Tsunami

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Isna Rohma Andini, Nadita Khairunnisa, Dewi Suratni, Baiq Ashfiatun Nisa, Mulyani, Panji Lobi Rachman, … Agil Al Idrus. (2022). Mengenali Resiko Bencana Melalui Progam Sosialisasi, Mitigasi, dan Praktik P3K di Desa Tanjung Luar . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 6–9. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1505

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kesiapsiagaan masyarakat akan kemungkinan terjadinya bencana alam sangat diperlukan untuk meminimalisir resiko terkena dampak dari bencana alam. Oleh karena Desa Tanjung Luar berada diwilayah pesisir pantai, potensi akan terjadinya bencana alam seperti Gempa Bumi, Tsunami dan lain-lain bisa dikatakan cukup tinggi. Masalah terkait Kebencanaan ini merupakan sesuatu yang memerlukan penanganan khusus dan harus segera ditangani.. Pengembangan desa Tanjung Luar sebagai Desa Tanggap Bencana melibatkan beberapa mitra, termasuk BPBD atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lombok Timur, Pemerintah Desa dan masyarakat, tokoh Pemuda-Pemudi serta Anak-anak se-desa Tanjung Luar. Metode yang digunakan untuk meminimalisir terjadinya bencana alam seperti (1) sosialisasi, mitigasi dan simulasi pertolongan pertama pada korban kebencanaan (2) pembentukan relawan kebencanaan, dan (3) pembuatan peta dan plang jalur evakuasi. Hasil dari program kegiatan ini adalah terbentuknya relawan dan plang jalur evakuasi untuk memudahkan maryarakat menemukan titik kumpul sementara. Kesiapsiagaan yang dilakukan mampu memberikan pemahaman terkait kesiapsiagaan  masyarakat dan dapat meminimalisir resiko terkena dampak akibat bencana alam.

Referensi

Azmi, Achmad Umar. (2016). “Kajian Pengamatan Regangan Tektonik Menggunakan Data Sugar (Sumatran GPS Array)(Studi Kasus: Gempa Sumatra Barat 2009) (Thesis).†Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Dewey, J. W. et al. (2007). Seismicity Associated with the Sumatra–Andaman Islands Earthquake of 26 December 2004. Bulletin of the Seismological Society of America, 97(1A), S25—S 42.

EMDAT, UNISDR (2015). Top Ten Number of Reported Disasters by Country. Retrieved from http://www.unisdr.org/files/47804_2015 disastertrendsinfographic.pdf&usg

Guha-Sapir D. et al. (2015). Annual Disaster Statistical Review 2014: The Numbers and Trends. CRED [Internet] 1–54. Retrieved from http://www.cred.be/sites/default/files/ADSR_2011.pdf

Haryadi, W. (2012). Gempa Tektonik di Pulau Sumbawa dan Dampaknya Terhadap Bangunan Sipil (Suatu Kajian Geologis). 6:13.

Muhammad, Nur Rochman, Wien Lestari, and Firman Syaifuddin. (2017). “Analisa Struktur Regional Penyebab Gempa Dan Tsunami Berdasarkan Anomali Gravitasi Dan Dinamika Lempeng.†Jurnal Geosaintek 3(2):75–82. doi: http://dx.doi.org/10.12962/j25023659.v3i2.2960.

Raja, Z. D. G., Hendarmawan, & Sunardi. (2017). Upaya pengurangan risiko dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap ancaman bencana tanah longsor (Desa Ndito, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur). Jurnal Lingkungan dan Bencana Geologi, 8(2), 103–116. Retrieved from http://jlbg.geologi.esdm.go.id/index.php/jlbg.

Sopaheluwakan, J., Hidayati, D., Permana, H., Pribadi, K., Ismail, F., Meyers, K., … Argo, T. (2006). Kajian kesiapsiagaan masyarakat dalam mengantisipasi bencana gempa bumi & tsunami. Bandung: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Retrieved from http://www.buku-e.lipi.go.id/utama.cgi?lihatarsip&jans001&1273262299.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).