Pelatihan 4P (Pengolahan, Pelabelan, Pengemasan, Pemasaran) Kripik Pisang dan Labu Siam Yang Inovatif Di Desa Timbanuh

Penulis

Mohammad Liwa Ilhmadi , Zulkifli , Yulianida Tamala , Maydina Luqyana A , Dyna Ayu Mahandika , Miftahul Fajri , Muhamad Yusril R , Dwi Kurniawan RS , , Ade Irawan , Laila Sukniatunur , Siti Patimah Z , Faatinah Alfiyah S

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i2.1532

Diterbitkan:

2022-05-15

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Kata Kunci:

Desapreneur, Desa Timbanuh, Kripik Pisang, Kripik Labusiam

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Mohammad Liwa Ilhmadi, Zulkifli, Yulianida Tamala, Maydina Luqyana A, Dyna Ayu Mahandika, Miftahul Fajri, … Faatinah Alfiyah S. (2022). Pelatihan 4P (Pengolahan, Pelabelan, Pengemasan, Pemasaran) Kripik Pisang dan Labu Siam Yang Inovatif Di Desa Timbanuh. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 114–120. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1532

Abstrak

Timbanuh merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok timur. Masyarakatnya sebagian besar bekerja sebagai pekebun. Salah satu potensi yang dimiliki adalah hasil perkebunan yang melimpah. Namun potensi sumber daya tersebut belum mampu dimaksimalkan oleh masyarakat dikarenakan kurang nya kreativitas. Sehingga hasil kebun seperti pisang, labusiam yang melimpah hanya sebatas diperjualbelikan biasa untuk menjadi sayuran dan memiliki harga jual yang rendah. Oleh karenanya, dengan kondisi tersebut perlunya menciptakan inovasi yang kreatif. Mahasiswa KKN Tematik Kewirausahaan Unram hadir sebagai jembatan bagi masyarakat untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan kreativitas dan meningkatkan pendapatan ekonominya. Pengolahan pisang dan labu siam menjadi keripik serta diberikan inovasi varian rasa merupakan program utama yang dikembangkan. Program ini dilaksanakan dalam bentuk pengabdian selama 45 hari dengan jumlah anggota kelompok 11 orang. Adapun metode  yang digunakan untuk mendukung program ini adalah survey lokasi, sosialisasi dengan masyarakat, sosialisasi produk dan pelatihan pembuatan produk, produksi, pengemasan, pelabelan, pemasaran, pembuatan surat izin serta monitoring dan evaluasi. Hasil dari program kegiatan ini adalah terciptanya produk keripik pisang dan labusiam dengan menambahkan inovasi untuk menciptakan produk baru baik dalam segi varian rasa maupun segi kemasannya, serta terbentuknya wirausaha-wirausaha baru

Referensi

Ambarita, Monica Dame Yanti, dkk. 2015. Identifikasi Karakter Morfologis Pisang (Musa sp) di Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Agrokoteknologi Vol 4(1).

Arifki, Hisban Hamid dan Melisa Intan Barliana. 2018. Karaketeristik Dan Manfaat Tumbuhan Pisang Di Indonesia : Reviem Artikel. Farmaka Suplemen Vol 16(3).

https://jurnal.stikesperintis.ac.id, PDF Pengaruh Penggunaan Labu Siam (Sechium edule) Dengan Konsentrasi Yang Berbeda Terhadap Mutu Organoleptik dan Kadar Serat Kerupuk Ikan.

https://www.bps.go.id/indicator/55/62/1/produksi-tanaman-buah-buahan.html

https://www.bps.go.id/indicator/55/61/1/produksi-tanaman-sayuran.html

K, Endang Bekti dkk. 2017. Sifat Fisiokimia dan Organoleptik Leather Labu Siam (Sechium edule) Dengan Berbagai Konsentrasi Gula dan CMC. Pengembangan Rekayasa dan Teknologi, Vol 13(2).

Nuralifah dkk. 2015. Pengaruh Ekstrak Labu Siam (Sechium edule (Jacq.) Swartz) Terhadap Waktu Koagulasi Pada Mus Musculus.Medula Vol 2(2).

Pinem, Esron H. dkk. 2020. Kajian Mutu Labu Siam (Sechium edule) Terolah Minimal Yang Dikemas Vakum Selama Peyimpanan. Jurnal Teknologi Pertanian Vol 11(2).

Utami, Rizky Suryaning dkk. 2018. Pengaruh Pemberian Jus Labu Siam Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Wanita Lanjut Usia Dengan Di Wilayah Kerja Puskesmas Ngoresan. PLACENTUM Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, Vol.6(2).

Valentine , dkk. 2015. Pengaruh Konsentrasi Na-CMC (Natrium-Carboxymethyl Cellulose) Terhadap Karakteristik Cookies Tepung Pisang Kepok Putih (Musa paradisisiaca L.)

Pregelatinisasi. Jurnal Agroteknologi Vol 09 (02).

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).