Pendampingan Praktek Pembuatan Pupuk Kompos di Kelompok Tani Bina Mandiri Untuk Mendukung Implementasi Good Agriculture Practice (GAP) Manggis

Penulis

Joko Priyono , Kurniawan Yuniarto

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1533

Diterbitkan:

2022-01-12

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

kompos, mandiri, panen, praktek

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Joko Priyono, & Kurniawan Yuniarto. (2022). Pendampingan Praktek Pembuatan Pupuk Kompos di Kelompok Tani Bina Mandiri Untuk Mendukung Implementasi Good Agriculture Practice (GAP) Manggis. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 329–333. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1533

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Keberlanjutan sektor agribisnis manggis tidak lepas dengan dukungan dari tata kelola teknis budidaya saat pramusim pohon. Dukungan alih pengetahuan dalam pelaksanaan good agriculture practice (GAP) manggis saat pra musim dan pasca musim panen diperlukan dalam mempertahankan produksi dan kualitas periode pohon manggis berikutnya. Praktek GAP yang dilaksanakan kepada kelompok bina mandiri adalah perawatan pohon manggis dengan menyediakan pupuk kompos dari bahan-bahan yang tersedia di dalam lahan pohon manggis. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah pendampingan dalam pembuatan pupuk kompos memanfaatkan sampah lokal di sekitar kebun. Partisipasi mitra kelompok tani Bina Mandiri adalah melakukan praktek dalam pembuatan pupuk kompos. Hasil pelatihan dan pendampingan di kelompok tani Bina Mandiri adalah adanya kemampuan individu dan kelompok untuk memproduksi pupuk kompos secara mandiri. Anggota kelompok lainnya melakukan pembuatan pupuk kompos secara mandiri di setiap lahannya. Hasil kompos setelah 30 hari dipersiapkan untuk suplai nutrisi manggis setelah selesai berbuah.

Referensi

Irfansyah, T., Ridwan, I dan Ala, A. 2021. Strategi Penerapan Good Agriculture Practices (GAP) pada Perkebunan Rakyat untuk Meningkatkan Produksi dan Kualitas Kopi Arabica di Kabupaten Enrekang, Indonesia. J. Agrivigor 12 (1). 28-38.

Kustiari, T., Harkat, A dan Filaili, U.F. 2020. Implementing Good Agriculture Practice (Gap) And Its Impact On The Coffee Productivity Of Panti Sub-District Jember Regency, East Java, Indonesia. NOVATEUR PUBLICATIONS Journal NX- A Multidisciplinary Peer Reviewed Journal 6 (6), 374-384.

Yuniarto, K., Sumarsono, J., Muvianto, C.O.M. dam Mbele, M.F. 2021. Pendampingan Pembuatan Data Digital Manggis pada Kelompok Tani Bina Mandiri Dusun Nyiurbaye Gawah, Lombok Barat. J. Agrokreatif 7(3): 326-334

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).