Penguatan Pembibitan Sapi Potong Lokal dan Optimalisasi Pengolahan Limbah Peternakan di Desa Klabang, Bondowoso

Penulis

Listya Purnamasari , Basuki , Vega Kartika Sari , Himmatul Khasanah

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i2.1564

Diterbitkan:

2022-04-17

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Kata Kunci:

pembibitan, pengolahan, limbah, klabang, bondowoso

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Purnamasari, L., Basuki, Sari, V. K. ., & Khasanah, H. . (2022). Penguatan Pembibitan Sapi Potong Lokal dan Optimalisasi Pengolahan Limbah Peternakan di Desa Klabang, Bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 71–75. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1564

Abstrak

Manajemen budidaya yang tepat dan ketersediaan pakan berkualitas secara mandiri diharapkan mampu meningkatkan reproduksi dalam hal bibit ternak, produktivitas ternak dengan hasil yang sesuai harapan. Kelompok ternak desa Klabang, Kecamatan Tegalampel, Kabupaten Bondowoso dalam manajemen budidaya memiliki beberapak kendala diantaranya keterbatasan pengetahuan dalam manajemen budidaya ternak yang baik dan pengolahan pupuk organik dari limbah ternak. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu peningkatan kemampuan dan keterampilan peternak dalam mengusahakan ternak sapi potong dan mampu mengolah limbah ternak. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui sosialisasi, pendampingan, dan percontohan terstruktur dalam melakukan manajemen budidaya ternak dan pengolahan limbah. Hasil kegiatan menujukkan bahwa para peternak berpartisipasi aktif dalam kegiatan dan dapat melanjutkankegiatan budidaya ternak serta mengolah limbah ternak secara mandiri. Manajemen pemeliharaan ternak yang baik akan menghasilkan produktivitas ternak yang meningkat. Kegiatan pendampingan secara keberlanjutan akan dapat meningkatkan kemandirian peternak sebagai penghasil bibit sapi potong lokal yang unggul.

Referensi

Hastuti, D. 2009. Aplikasi teknologi biogas guna menunjang kesejahteraan petani ternak. MEDIAGRO, (1),5, 20 – 26.

Hernowo, B. 2006. Prospek pengembangan usaha peternakan sapi potong di Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi. Skripsi. Program Studi Sosial Ekonomi Peternakan. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Indarjulianto, S., Widiyono, I., Sarmin, Airin, C.M. 2021. Pelatihan penggunaan alat penghalus kotoran ternak di kelompok ternak Sidomaju Bantul Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat IGKOJEI. (1),2, 32 – 37.

Ngadiyono, N., Bunidatria, I. G. S., Baliarti, E., Panjono, Widi, T. S. M. Yulianto, M. D. E., dan Atmoko, B. A. 2019. Inisiasi pengembangan dan pendampingan peternakan sapi secara terpadu di kelompok ternak sapi kandang Kalimosodo. Jurnal Pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. (2), 3, 211 – 222.

Nugraha, S. P. dan Amini F. N. 2013. Pemanfaatan kotoran sapi menjadi pupuk organik. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. 2, 193-197.

Padmanabha, I. G., Arthagama, I. D. M., Dibia, I.N. 2016. Pengaruh dosis pupuk organik dan anorganik terhadap hasil padi (Oriza sativaL.) dan sifat kimia tanah pada Inceptisol Kerambitan Tabanan. E-Jurnal Agroekoteknologi Tropika. 3, 41-50.

Purnamasari, L., Purnomo, H., dan Setyawan, H. B. 2020. Exploration of local microorganisms from rumen and their potential to make silage from agricultural waste. Asean Journal on Science and Technology for Development (3),37, 109 – 114

Purwantini, T. B., dan Sunarsih, N. 2019. Pertanian organik: Konsep, kinerja, prospek, dan kendala. Forum Penelitian Agro Ekonomi. (2),37, 127–142.

Putra, B. W. R. I. H. dan Ratnawati, R. 2019. Pembuatan pupuk organic cair dari limbah buah dengan penambahan bioaktivator EM4. Jurnal Sains dan Terknologi Lingkungan (1),11, 44-56

Ratriyanti, A., Widyawati, S. D., Suprayogi, W. P. S., Prastowo, S., dan Widyas, N. 2019. Pembuatan pupuk organic dari kotoran ternak untuk meningkatkan produksi pertanian. SEMAR: Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat, (1), 8, 9-13.

Simanungkalit, R. D. M., Suriadikarta, D. A., Saraswati, R., Setyorini, D., dan Hartatik, W. 2006. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati. Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bogor.

Sondari, N., Parlinah, L., dan Punama, I. 2021. Pengaruh perbandingan media tanam pupuk kotoran ternak sapi dan tanah terhadap tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.) varietas bima Brebes. Jurnal Agrotek Indonesia, (6), 1, 19 – 27.

Suniarta, I. K. P., Putra, I. G. E. W. dan Ayuni, N. P. S. 2019. Pengolahan pupuk organic padat dari limbah biogas pada kelompok ternak sedana murti. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. Pontianak, 29 Juli.

Biografi Penulis

Listya Purnamasari, Universitas Jember

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).