Pelatihan Model Pembelajaran Multiple-Intelligency Bagi Guru-Guru SD Untuk Pengelolaan Pendidikan Karakter Di Kecamatan Praya Barat Daya

Penulis

Sudirman , Abdul Kadir Jaelani , Asrin , Muhammad Tahir

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1569

Diterbitkan:

2022-04-14

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

Multiple Intelligence, Pendidikan Karakter

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sudirman, Abdul Kadir Jaelani, Asrin, & Muhammad Tahir. (2022). Pelatihan Model Pembelajaran Multiple-Intelligency Bagi Guru-Guru SD Untuk Pengelolaan Pendidikan Karakter Di Kecamatan Praya Barat Daya . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 353–356. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1569

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Sistem pendidikan belum dapat secara maksimal membendung berbagai dampak yang ditimbulkan dari meluasnya destinasi wisata. Hal tersebut Nampak dari berbagai fakta di wilayah kecamatan Praya Barat Daya, diantaranya Rendahnya pemahaman guru bahwa kecerdasan anak masih dapat terus ditingkatkan. Anak-anak memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda satu dengan lainnya, tinggal kemampuan guru dalam mengembangkan kecerdasan masing-masing anak. Pelatihan model pembelajaran multiple intelligency bagi guru-guru SD untuk pengelolaan pendidikan karakter menghasilkan kemampuan guru dalam menyelenggaran pembelajaran yang efektif dengan menerapkan model pembelajaran multiple intelligence. kegiatan pelatihan ini memberikan bekal secara konseptual maupun praktis kepada peserta guna dapat menerapkan model pembelajaran multiple intelligence untuk pengelolaan pendidikan karakter. Secara konseptual peserta dibekali dengan konsep pembelajaran Multiple Intelligence, contoh penerapan model pembelajaran multiple intelligence, rumusan rencana pembelajaran berdasarkan model pembelajaran multiuple intelligence, peer teaching dalam menerapkan model pembelaajran.

 

Referensi

Bandule, Yanderson. 2013. Pengembangan Budaya Sekolah Berbasis Pendidikan Karakter. Artikel. PPs Universitas Negeri Gorontalo.

Berman, M. 2001. Developing SQ (Spiritual Intelligence) Through ELT. Available onhttp://www.spiritualintelligence.com

Buhang, Widya. 2013. Pengelolaan Kelas Berbasis Pendidikan Karakter di SMPN 1 Kaidipang Sulawesi Utara. Artikel. PPs Universitas Negeri Gorontalo.

Golemen, D. Kecerdasan Emosional untuk Mencapai Puncak Prestasi. Terjemahan oleh Alex Tri Kartjono Widodo, 1999. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hamruni. 2008. Mengembangkan Dimensi Spiritual-Etik dalam Wawasan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Jurnal Kependidikan Islam. Vol 3, no 1 Januari-Juni 2008

Masaong, A.K. 2011. Kepemimpinan Berbasis Multiple Intelligence; Memperteguh Sinergy Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual untuk Meraih Prestasi Gemilang. Bandung: Alfabetha.

Masaong, A.K. 2014. Hubungan Kecerdasan dan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Penguatan Karaskter Siswa di SMP Se Kota Gorontalo. Artikel.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).