Sosialisasi Menggagas Pemanfaatan Sumber Air Terbatas Untuk Pertanian Di Dusun Tampes Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara

Potensi

Penulis

I Dewa Gede Jaya Negara , Kadek Wiratama , I Nyoman Merdana

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i2.1572

Diterbitkan:

2022-04-17

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Kata Kunci:

air, sungai, lahan, potensial, manfaat

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Negara, I. D. G. J., Kadek Wiratama, & I Nyoman Merdana. (2022). Sosialisasi Menggagas Pemanfaatan Sumber Air Terbatas Untuk Pertanian Di Dusun Tampes Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara: Potensi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 65–70. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1572

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Article history:

Received :

Revised:

Accepted:

 

*Corresponding Author: I Dewa Gede Jaya Negara.

 Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Mataram, Mataram, Indonesia;

Email:

jayanegara@unram.ac.id

Abstrak: Air merupakan kebutuhan bagi semua mahluk hidup dimuka bumi ini, dan jika terjadi terbatasnya keberadaan air apa lagi pada lahan kering maka akan dapat membatasi segala aktifitas kehidupan yang ada disekitarnya. Demikian halnya yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Utara yaitu di Wilayah Tampes, keberadaan sumber air permukaan hanya terdapat dibeberapa lokasi saja dengan potensi air sangat minim, sementara sumber air yang ada  tidak dimanfaatkan untuk pertanian sehingga lahan  kering yang ada tidak dapat diusahatanikan atau nganggur. Adanya potensi air disekitar permukiman ternyata belum mampu dimanfaatkan untuk memberikan nilai ekonomi oleh warga sekitar, karena terbatasnya pengetahuan masyarakat. Untuk mengantisipasi adanya perubahan iklim global, yang berdampak pada ketersediaan air yang akan semakin menurun, maka warga di wilayah ini kering harus disiapkan dengan cara memberikan penyuluhan-penyuluhan. Masyarakat harus mendapatkan wawasan tentang hal tersebut, dan  agar masyarakat naninya mampu menjalin komunikasi dengan fihak-fihak lain yang terkait untuk membantu kesulitan yang dihadapinya. Pengabdian ini dilakukan dengan mengadakan sosialisasi Tentang Pentingnya sumberdaya air dan lahan kering untuk meningkatkan ekonomi keluarga, sosialisasi dilakukan pada tingkat lapang dengan melibatkan tokoh masyarakat dan warga sekitar sungai. Sasaran pengabdian adalah masyarakat yang bermukim di sekitar sungai di dusun Tampes dan tokoh masyarakat. Tujuan sosialisai ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pemanfaatan sumber air dan lahan kering untuk pertanian. Soaialisasi dilakukan dengan urutan kegiatan survey awal, tinjauan lapangan, ceramah dan diskusi, yang dilakukan ditingkat lapang dengan masyarakat. Hasil yang dicapai adalah warga sekitar sungai telah mendapatkan pengetahuan tentang manfaat air sungai yang ada dan memahami cara memanfaatkannya, mampu membuat ide-ide yang diusulkan ke desa untuk dijadikan program desa.

Referensi

ICCTF, 2016, “Penguatan Produktifitas Perkebunan

Dan Peternakan Masyarakat Di Lahan Kering

Dengan Model Sistem Irigasi tetes Berbasis

Sumber Energi Dari Solar Sellâ€, Laporan

Akhir, Mataram.

Negara I D G J, 2016, “Dokumentasi Kegiatan

Lapangan,â€Mataram

Soewarno ,1995,†Hidrologi Aplikasi Metode Statistik

Untuk Analisa Data Jilid 1, Nova, Bandung.

Sunggono,kh,1984,â€Mekanika Tanah, Nova,Bandung

Biografi Penulis

I Dewa Gede Jaya Negara, "Jurusan Teknik Sipil,Fakultas Teknik universitas Mataram - JTS FT UNRAM"

FT Unram, MT

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).