Inovasi Olahan Produk Masyarakat berupa cilok menjadi Keripik Basreng

Penulis

Ahmad Jupri , Adilah Putri , Fransiska Prisilia Lingking , Tapaul Rozi , Eka S Prasedya

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i2.1579

Diterbitkan:

2021-05-15

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Kata Kunci:

Basreng; Digital; Desa Kumbang; Inovasi; UMKM.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ahmad Jupri, Adilah Putri, Fransiska Prisilia Lingking, Tapaul Rozi, & Eka S Prasedya. (2021). Inovasi Olahan Produk Masyarakat berupa cilok menjadi Keripik Basreng. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 105–108. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1579

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Bakso goreng atau yang biasa disingkat dengan basreng merupakan camilan yang terbuat dari olahan bakso yang diiris tipis-tipis kemudian digoreng. Basreng juga dapat disajikan dengan taburan bumbu pedas dengan tingkat kepedasan yang bervariasi dan variasi rasa lainnya. Saat ini masyarakat desa kumbang belum memiliki sebuah produk dengan kemasan dan logonya sendiri. Tujuan dalam membuat produk makanan dari olahan basreng ini untuk memberi inovasi baru untuk masyarakat di desa kumbang melalui keripik basreng menjadi makanan yang lebih modern. Proses pengemasan pada produk basreng tersebut dibutuhkan untuk membantu dalam proses penjualan produk sehingga terlihat menarik perhatian pembeli ketika dipasarkan. Pemasaran yang dilakukan melalui penjualan di toko-toko sekitar dan melalui digital marketing agar dapat mencapai penjualan secara luas di seluruh wilayah yang terjangkau dalam jaringan aplikasi marketplace tersebut dan dapat meningkatkan jumlah permintaan produk. Dengan begitu pelatihan pengolahan basreng ini dapat menciptakan inovasi masyarakat di desa kumbang untuk membentuk sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) baru yang khusus menjual produk basreng.

Referensi

J. Pengabdian Magister Pendidikan IPA et al., “under a Creative Commons Attribution (CC-BY) 4.0 license. Pendampingan Branding Packaging dan Digital Marketing pada Produk Umkm Keripik Talas di Lingkungan Bagek Longgek, Kelurahan Rakam,†no. 2009, pp. 0–4, 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.931.

Musfiroh, A Fatkhiatul. 2009. Kandungan Serat Kasar, Tingkat Kekenyalan dan Rasa Bakso Sapi dengan Subtitusi Tepung Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas L.). Semarang.Skripsi Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro.

N. Sumiyarto, E. Silvia, and Y. Rosalina, “Issn 2088 – 5369,†J. Agroindustri, vol. 3, no. 1, pp. 1–13, 2013.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).