Implementasi Model PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMPN 5 Batukliang

Penulis

Muhammad Yusril Yusup , Vera Wati

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i2.1592

Diterbitkan:

2022-06-07

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Student’ Learning Achievement

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Muhammad Yusril Yusup, & Vera Wati. (2022). Implementasi Model PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMPN 5 Batukliang. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 140–143. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1592

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Problem Based Learning Model emphasize student to improve student problem solving skills so that student’ learning achievement can enchance. The objective of this research was to improve student’ learning achievement through problem based learning model. The method which was applied in this research is eksperiment research. It. The results were obtained several findings, namely: student’ mastery was 63,16% in class control and 85% in class eksperiment. Based on the results of this eksperient can be concluded that implementation of problem based learning model was good to improve student’s learning achievement.

Referensi

Akinaglu O dan Ruhan Ozkardes Tandogan, R. O. 2007. The effects of problem based active learning of student' academic achievement, attitude and concept learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3 (1): 71-81

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Aulia. 2012. Pentingnya Berpikir Kritis. (online), http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2253994-pentingnya-berpikir-kritis/ diakses pada tanggal 10 januari 2013

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri No 22/2006: Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Dwijananti,P dan Yulianti,P. 2010. Penegembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia FPMIPA UNNES, ISSN: 1693-1246.

Eggen dan Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran : Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir Edisi Keenam). Jakarta: Indeks.

Eka. 2010. Definisi Model Pembelajaran.(online), http://ekagurunesama.blogspot.com/2010/07/definisi-model-pembelajaran.html diakses pada tanggal 5 Januari 2013.

Hassoubah, Z. I. 2002. Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis. Jakarta: Nuansa

Joyce, B., Weil M., & Calhoun Emily. (2009). Models of Teaching, New Jersey, Prentice Hall, Inc.

Kasihani dan Wayan. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Oktaviandy. 2012. Pengertian Evaluasi, Pengukuran, dan Penilaian dalam Dunia Pendidikan (online),http://navelmangelep.wordpress.com/2012/02/14/pengertian-evaluasi-pengukuran-dan-penilaian-dalam-dunia-pendidikan/ diakses pada tanggal 11 Januari 2013.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).