Disain Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Pada Materi Sistem Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Keterampilan Sains Pada Peserta Didik di MA NW Aik Ampat

Penulis

M.Saliman Alfitani

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i2.1593

Diterbitkan:

2022-06-07

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Kata Kunci:

mediapembelajaran; audio visual;Materi sistem jaringan tumbuhan; MA NW Aik Ampat

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

M.Saliman Alfitani. (2022). Disain Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Pada Materi Sistem Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Keterampilan Sains Pada Peserta Didik di MA NW Aik Ampat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 144–148. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1593

Abstrak

Tujuan dari perancangan media pembelajaran audio visual ini adalah untuk mengetahui lebih dalam tentang hasil belajar dari media yang digunakan dan keterampilan pross sains peserta didik pada materi sistem  jaringan tumbuhan kelas XI IPA MA NW Aik Ampat  dan memberikan sebuah trobosan dibidang pendidikan agar dunia pendidikan lebih kreatif dalam menyajikan pelajaran oleh guru kepada peserta didiknya di sekolah. Tahap-tahap perancangan ini adalah Define, Design, Develop, dan Dessiminate (penyebaran) digunakan untuk membuat bahan ajar berbasis audio-visual.

 

Referensi

Maryanti,kurniawan. 2014.â€Pengembangan media pembelajaran video animasi stop motion untuk pembelajaran biologi dengan aplikasi picpacâ€. Jurnal pendidikan biologi. UIN Sunan Gunung Jati

Susilo, Sigit Vebrianto. 2020. “Penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di sekolah dasarâ€. Jurnal Cakrawala Pendas Vol 6, No 2. Universitas Majlengka

Hasan, muhmmad. 2021. Media Pembelajaran.Tahta Media Grup

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Raja Grafindo Persada

Sakti, I., & Napsawati, N. (2021). The Development of Learning Media Using Powtoon for Junior High School. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(3), 198-208.

Nor, M., Zuhdi, Z., & Asbiah, A. (2021). The development of learning media based on powtoon in global warming materials for class XI high school. Journal of Educational Sciences, 5(2), 278-286.

Rohani, R. (2019). Media pembelajaran.UIN Sumatra Utara

Haryoko, S. (2012). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).

Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 108-115.

Rante, P., Sudarto, S., & Ihsan, N. (2013). Pengembangan multimedia pembelajaran fisika berbasis audio-video eksperimen listrik dinamis di SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 120942.

Nugrawiyati, J. (2018). Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6(1), 97-111.

Haryoko, S. (2012). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).

Salamah, E. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tokoh-Tokoh Kemerdekaan Indonesia. Premiere Educandum, 7(01), 9-18.

Amnie, E., Abdurrahman, A., & Ertikanto, C. (2014). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Ranah Kognitif. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(7).

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Bio Educatio, 2(2), 279492

Sumiharsono, Rudy dan Hisbiyatul Hasanah. 2017. Buku media pembelajaran. jember jawa timur: CV Pustaka Abadi. (online) https://books. Google.co.id/books?id=vj+LDWAAQBAJ & printse= frontcover. Diakses pada 20 Januari 2020.

Sadiman.2003. Media Pendidikan, Jakarta: CV. Rajawali

Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).