Sosialisasi Model Cooperatif Learning tipe think pair sher Menggunakan Media Poster Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Anak Didik Pada Materi Tata Surya Di Kelas VII SMPN 3 Narmada Tahun 2021/2022

Penulis

Ferniawan , Abdul Syukur , Yuni Kurniasi

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i2.1596

Diterbitkan:

2022-06-25

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Kata Kunci:

Cooperatif learning tipe think pair sher, media poster, pemahaman konsep

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ferniawan, Syukur, A., & Yuni Kurniasi. (2022). Sosialisasi Model Cooperatif Learning tipe think pair sher Menggunakan Media Poster Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Anak Didik Pada Materi Tata Surya Di Kelas VII SMPN 3 Narmada Tahun 2021/2022. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 341–347. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1596

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Sosialisasi model Cooperatif Learning tipe think pair sher menggunakan media poster terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA anak didik pada materi tata surya di kelas VII SMPN 3 Narmada. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang model Cooperatif Learning tipe think pair sher menggunakan media poster yang bermuara pada kemampuan menerapkan dalam proses pembelajaran di kelas, serta untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep IPA anak didik pada materi tata surya di kelas VII. Diperoleh hasil Ketercapaian KKM pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 85,78 dan 78,15. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperatif Learning tipe think pair sher menggunakan media poster atas kemampuan pemahaman konsep IPA anak didik dalam materi tata surya kelas VII SMPN 3 Narmada Tahun 2021/2022 dapat dikatakan tuntas secara klasikal.

Referensi

Alem dan Ferreira. 2022. Model Rancangan Pembelajaran Kooperatif Learning Team Game Tournament (TGT) pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 2(2).

Andi Hastika Zulqifli, Alimuddin, Ilhamuddin. 2022. Profil Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Di Tinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer- Verbalizer. Jurnal Matematika dan Aplikasinya, 2(2), 36-50.

Arifin, Z. 2017. Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21, 1(2), 92-100.

Arifin, R. Nugroho. 2018. HOTS Keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Amir, Muhamad Faisal. 2015. Proses berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam memecahkan masalah berbentuk soal cerita matematika berdasarkan gaya belajar. Jurnal Math educator nusntara. Vol.1. No.2.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Bosch, C., Mentz, E., & Reitsma, G. M. (2019). Integrating cooperative learning into the combined blended learning design model: Implications for students' intrinsic motivation. International Journal of Mobile and Blended Learning (IJMBL), 11(1), 58-73.

Beatty, Alexandra. 2011. Successful STEM Education: A Workshop Summary. Washington: The National Academic Press.

Brookhart, S.M. (2010). How To Assess Higher-Order Thinking Skills In Your Classroom United States of Amerika: ASCD Member Book

Darmawan. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1).

Dewi, Ressi Kartika. 2020. Pemanfaatan Media 3 Dimensi Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan, 21(1), 28-37.

Dhiani A.N., Nurfaizah.AP, Asman. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Tentang Operasi Hitung Pengurangan Melalui Penerapan Model Kooperatif Learning Tipe Talking Stick. Global Journal Basic Education, 1(1), 43-47.

Dian Y., A., Istihana Istihana, & Erni Susilawati. 2018. Pengembangan Media Poster Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Materi Tata Surya. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 187-196.

D’Alessio, F. A., Avolio, B. E., & Charles, V. (2019). Studying the impact of critical thinking on the academic performance of executive MBA students. Thinking Skills and Creativity, 31, 275-283.

Fajuri. 2019. Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalamupaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I Sd Negeri 27 Ampenan. 6, 20-26

Fau amani. 2020. Jurnal Mubtadiin, Vol. 7 No. 01 Januari-Juni 2021. 7(01), 247-264.

Faridi, H., Tuli, N., Mantri, A., Singh, G., & Gargrish, S. (2021). A framework utilizing augmented reality to improve critical thinking ability and learning gain of the students in Physics. Computer Applications in Engineering Education, 29(1), 258-273.

Ferniawan. Efektifitas Penggunaan Media Poster 3Dimensi Secara Daring pada Materi Tata Surya Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep fisika Siswa Kelas VII SMPN 1 Wera Tahun Pelajaran 2019/2020. 2020. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Hamidah, Luluk. 2018. Higher Order Thinking Skills (Seni Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri.

Hermansyah, H., Gunawan, G., Harjono, A., & Adawiyah, R. (2019, February). Guided inquiry model with virtual labs to improve students’ understanding on heat concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1153, No. 1, p. 012116). IOP Publishing.

Juliani, W. iffah, & Widodo, H. 2019. Integrasi Empat Pilar Pendidikan (Unesco) Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di Smp Muhammadiyah 1 Prambanan. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 65-74.

Jian, Q. (2019). Effects of digital flipped classroom teaching method integrated cooperative learning model on learning motivation and outcome. The Electronic Library.

Mutakinati, L., Anwari, I., & Kumano, Y. (2018). Analysis of Students’ Critical Thinking Skill of Middle School through STEM Education Project-Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54-65.

Nurfadhillah, Septy, et al. 2021. Pengembangan Media Poster dalam Pembelajaran IPA Kelas IVB SD Negeri Cikokol 3. Jurnal BINTANG, 3(2), 313-322.

Pascarella, G., Strumia, A., Piliego, C., Bruno, F., Del Buono, R., Costa, F., Scarlata, S., & Agrò, F. E. 2020. COVID-19 diagnosis and management: a comprehensive review. In Journal of Internal Medicine.

Redhana, I.W. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Roebianto, A. 2020. The Effects of Student’s Attitudes and Self-Efficacy on Science Achievement Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia, 9(1), 1-10.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Siregar, E.S., Dicky Edwar Daulay, Joko Priono. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Terhadap Kemampuan Awal Siswa Pada Mata Pelajaran Pjok Kelas V Sd Negeri 104188 Sei Mencirim. Jurnal Guru Kita, 6(2),167-173.

Saputri, A. C., Rinanto, Y., & Prasetyanti, N. M. (2019). Improving Students' Critical Thinking Skills in Cell-Metabolism Learning Using Stimulating Higher Order Thinking Skills Model. International Journal of Instruction, 12(1), 327-342.

Sari, F. P., Nikmah, S., Kuswanto, H., & Wardani, R. (2019, December). Developing physics comic media a local wisdom: sulamanda (engklek) traditional game chapter of impulse and momentum. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1397, No. 1, p. 012013). IOP Publishing.

Saregar, A., Ariyani, F., Pawe, T. I., Pricilia, A., & Astriawan, D. (2019, February). How to Design Physics Posters Learning Media with Islamic Values in Developing Learning Motivation and Student Character? In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1155, No. 1, p. 012093). IOP Publishing

Sutherland, S., Stuhr, P. T., Ressler, J., Smith, C., & Wiggin, A. (2019). A model for group processing in cooperative learning. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 90(3), 22-26.

Silva, H., Lopes, J., & Dominguez, C. (2019). Cooperative learning and concept maps in the promotion of critical and creative thinking: An experience in higher education. Revista Lusofona de Educacao, 45(45), 157-170.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Sharan, Sholmo. 2014. The Handbook Of Cooperative Learning Inovasi Pengajaran Dan Pembelajaran Untuk MemacuKeberhasilan Siswa Di Kelas. Yogyakarta: istana media.

Sumadi Suryabrata. 2012. Metodologi Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tawil, M. & Liliasari. (2013). Berpikir kompleks dan ilmplementasinya dalam pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit UNM.

Telaumbanua, Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Amaano Fau. 2022. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(1).

Tsai, C. Y. (2019). Improving students' understanding of basic programming concepts through visual programming language: The role of self-efficacy. Computers in Human Behavior, 95, 224-232.

V. Wiratna Sujarweni. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Velina Yessy, Nurhasanah Wiwit dan Zulhannan. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap kemampuan Berpikir kritis Biologi Peserta didik Kelas XI SMA AL-Kautsar Bandar Lampung. Jurnal tadris Pendidikan Biologi UIN RADEN Intan Lampung.

Wati, Asih Widi Wisuda Eka sulistyowati. 2015. Metodelogi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yuyu, Y. 2017. Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21-28.

Zhang, L. (2018). English flipped classroom teaching model based on cooperative learning. Educational Sciences: Theory & Practice, 18(6).

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).