Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Gelombang Cahaya Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Sains Siswa Kelas XI SMAIT Putri Abu Hurairah Mataram

Penulis

Rika Ratnasari , Jamaluddin , Siti Nurlaelan Barorah

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i2.1599

Diterbitkan:

2022-06-09

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Kata Kunci:

Fisika; Inkuri terbimbing; Penguasaan konsep; keterampilan sains; Siswa

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Rika Ratnasari, Jamaluddin, & Siti Nurlaelan Barorah. (2022). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Gelombang Cahaya Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Sains Siswa Kelas XI SMAIT Putri Abu Hurairah Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 197–203. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1599

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Fisika ialah salah satu topik yang sangat sulit untuk dipahami siswa disekolah, sehingga membutuhkan model pembelajaran yang dapat membantu mereka memahami konsep materi yang diberikan. Model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan salah satu solusi untuk membantu siswa dalam mengkonstruksi pengetahuannya dengan model berbasis penemuan, di mana siswa bertindak seperti ilmuwan bereksperimen, mengumpulkan dan menganalisis data, merumuskan dan mengevaluasi hipotesis serta menghubungkan konsep yang dipelajarinya dalam dunia nyata. Berdasarkan data yang diperoleh di kelas XI MIA SMAIT Putri Pondok Pesantren Abu Hurairah Mataram, diperoleh hasil penguasaan konsep rata-rata meningkat sebesar 10,25%. Sedangkan keterampilan sains rata-rata meningkat sebesar 22,3%. Meskipun demikian, hasil ini dibawah 50% dan tergolong rendah. Beberapa hal yang mempengaruhinya adalah lingkungan sekolah, waktu belajar, kemampuan akademik, motivasi siswa, dan gaya belajar siswa

Referensi

Anderson, O. W., &. Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing, A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Newyork: Addison Wesley Longman.

Argaw, A. S., Haile, B., Ayalew, A. T., & Kuma, S. G. 2017. The Effect of Problem Based Learning (pbl) Instruction on Students’ Motivation and Problems Solving Skills of Physics. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(3), 857-871.

Aryanti, U. R., Bektiarso, S., & Subiki, S. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Disertai Process Worksheets Pada Materi Hukum Gerak Newton Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA. FKIP e-PROCEEDING, 3(1), 63-67.

Batlolona, J. R., Baskar, C., Kurnaz, M. A., & Leasa, M. 2018. The improvement of problem-solving skills and physics concept mastery on temperature and heat topic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(3), 273-279.

Eggen, P. D. & Kauchak, D.P. 1993. Learning and Teaching 2nd edition. Massachussets: All and Bacon.

Gunawan G, Harjono A, Sahidu H and Herayanti L. 2017. Virtual Laboratory of Electricity Concept to Improve Prospective Physics Teachers’ Creativity. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13 2 102-111

Hermansyah H. Gunawan, Adawiyah R. 2019. Guided inquiry model with virtual labs to improve students’ understanding on heat concept February 2019. Journal of Physics Conference Series. Doi:10.1088/1742-6596/1153/1/012116

Junaidi, J., Gani, A., & Mursal, M. 2017. Model Virtual Laboratory Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa MA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2).

Kruea-In, N., & Thongperm, O. 2014. Teaching of science process skills in Thai contexts: Status, supports and obstacles. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 141, 1324-1329.

Lederman, N. G., Lederman, J. S., & Antink, A. 2013. Nature of science and scientific inquiry as contexts for the learning of science and achievement of scientific literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 1(3).

Padilla, J. M. 2010. The Science Process Skills. (online). Diakses melalui: https://www.narst.org/publications/research/skill.cfm, diakses tanggal 28 September 2016.

Purwandari, R. D. 2015. Physics Laboratory Investigation of Vocational High School Field Stone and Concrete Construction Techniques in the Central Java Province (Indonesia). Journal of Education and Practice, 6(11), 85-92.

Ramdani, A., Artayasa, I. P., Yustiqvar, M., & Nisrina, N. (2021). Enhancing prospective teachers’ creative thinking skills: A study of the transition from structured to open inquiry classes. Cakrawala Pendidikan, 40(3).

Setiawan, H., & Jamal, M. A. 2016. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Juai Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 27-32.

Sholikhan S. 2017. Understanding Concepts Through Inquiry Learning Strategy IOSR. Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) 7 1 97-102

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).