Vol 5 No 2 (2022): April-Juni
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa MTs Ikhwanul Muslimin NW pada Materi Ekosistem

Penulis

Adam Restu , Abdul Syukur

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i2.1605

Diterbitkan:

2021-05-15

Unduhan

Abstrak

Discovery Learning adalah proses menemukan dan mengidentifikasi diri sendiri. Guru memberikan bahan ajar yang belum selesai dalam sistem belajar mengajar ini, tetapi siswa diberi kemampuan untuk mencari dan menemukan sendiri dengan menggunakan teknik pendekatan pemecahan masalah. Sikap ilmiah adalah sikap yang menghargai kebenaran dan keadilan objektif, mengakui bahwa kebenaran sains tidak mutlak, tidak percaya pada takhayul, astrologi, atau keberuntungan, berusaha untuk belajar lebih banyak, tidak berpikir praduga, tidak percaya pada kesimpulan tanpa bukti nyata, optimis, teliti, dan berani menyimpulkan, dalam pengabdian ini rata-rata sikap ilmiah sebesar 3,8 dengan kategori baik. Siswa memperoleh hasil belajar melalui proses belajar mengajar, yang dibedakan dalam kemampuan kognitif, emosional, dan psikomotorik dari pengalaman kelas siswa. Dalam hasil belajar sisswa, siswa kelas VII A terdapat 17 siswa yang mendapat nilai 70-80, dan 5 siswa yang mendapat nilai 81-90. Sedangkan pada kelas VII B 13 siswa mendapatkan nilai 70-80, 7 siswa mendapatkan nilai 81-90, dan 1 siswa mendapat nilai 91-100.

Kata Kunci:

meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Ikhwanul Muslimin NW Lombok Timur

Referensi

Afandi, Muhamad., Evi Chamalah., & Oktarina Puspita Wardani. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press.

Darmadi, H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish: Yogyakarta.

Ilahi, Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vocational Skill. Jojakarta: DIVA Press.

Abdullah Idi. 2011. Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat dan. Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto & Darmiatun. 2013. Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sulistyowati. 2012. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Citra Ajiparama.

Samani & Haryanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaj Rosdakarya.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning itu perlu: untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor : Ghalia Indonesia.

Cara Mengutip

Adam Restu, & Abdul Syukur. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa MTs Ikhwanul Muslimin NW pada Materi Ekosistem. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 357–360. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1605