Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Website 2 Apk Builder Pro Pada Materi Larutan Asam Basa

Penulis

Rizky Jasahuldia , Abdul Syukur , Jamaluddin , Baiq Indriana Sukawati

Diterbitkan:

2022-11-15

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Kata Kunci:

: Media Pembelajaran, Website 2 Apk Builder Pro, Larutan Asam Basa

Artikel

Cara Mengutip

Rizky Jasahuldia, Abdul Syukur, Jamaluddin, & Baiq Indriana Sukawati. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Website 2 Apk Builder Pro Pada Materi Larutan Asam Basa . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2). Diambil dari https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/1606

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan media pembelajaran kimia berbasis website 2 apk builder pro pada materi larutan asam basa terhadap hasil belajar siswa. Media pembelajaran kimia berbasis website 2 apk builder pro pada materi larutan asam basa merupakan media pembelajaran yang memuat materi-materi larutan asam basa untuk membantu siswa tetap dapat belajar meskipun diluar jam pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran ini telah tebukti sangat valid, praktis, dan efektif dengan presentase secara berurutan yaitu 89%, 845, 91%. Dampak penerapan media pembelajaran kimia berbasis website 2 apk builder ini setelah diterapkan kepada siswa diperoleh hasil bahwa media ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga, sangat disarankan kepada guru mata pelajaran untuk dapat menggunakan media ini sebagai salah satu sumber belajar guna membantu tercapainya tujuan pembelajaran.

Referensi

Azwar, S. 2013. Reliabiltas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Childs dan Sheehan. 2007. What Chemistry Topics do Student Find Difficult?. Proceedings of the 2nd European Variety in Chemistry Education. Prague: Charles University.

Iswanda.2020. Efektivitas Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Menggunakan App Inventor Untuk Mendukung Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Johnstone, A.H. 2006. Chemical Education Research in Glasgow in Generation of Visualization, in Allen G. (ed). Applied Spatial Cognition: from Research to cognitive technology. Mahwah, NJ: Erlbaum. 53-74.

Krajick dan Soloway.2000. Promoting Conseptual Understanding of Chemical Representation. Makalah pada Pertemuan Tahunan the National Association of Research in Science Teaching: Students’Use of a Visualization Tool in Classroom.

Miarso, Y. 2009. Sowing educational technology. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Musfiqon.2012. Development of learning media and sources. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Montolalu, Chriestie E. J. dan Yohanes A. R. Langi. 2018. “Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test)â€. Jurnal Matematika dan Aplikasi. 7(1): 44-46.

Nakhiekh, M. B. 1992. Why Some Students Don’t Learn Chemistry. Journal Of Chemistry Education. 69 : 191-196.

Puspanintyas, Nicky D. & Putri Sukma D. 2020.“Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Daringâ€. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 3(6): 703-312.

Royani, Elmi. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Website 2 Apk Builder Pada Materi Larutan Asam Basa Skripsi. Mataram : Universitas Mataram.

Suciningrum, Nike Pratiwi dan Endang Sri Rahayu. 2015. “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Kelas XI di SMA Pusaka 1 Jakartaâ€. Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis. 3(1): 1-21.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2018.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umar, H. 2000. Research Methods in Finance and Banking. Jakarta: PT Garmedia Pustaka Utama.

Puspitarini, Yanuari Dwidan Muhammad Hanif. 2019. “Using Learning Media To Increase Motivation in Elementary Schoolâ€. Anatolian Journal of Education. 4(2): 53-60.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).