Pelatihan Penerapan Desain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis STEM Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Keterampilan Sains Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik MTsN 4 LOTIM

Penulis

Raudatul Jannah , Abdul Syukur

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i2.1607

Diterbitkan:

2022-06-21

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Kata Kunci:

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Keterampilan Sains; Sikap Ilmiah; MTsN 4 Lombok Timur

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Raudatul Jannah, & Abdul Syukur. (2022). Pelatihan Penerapan Desain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis STEM Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Keterampilan Sains Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik MTsN 4 LOTIM. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 229–233. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1607

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

LKPD adalah perangkat pembelajaran berupa lembaran kertas. STEM (sains, teknologi, teknik, dan matematika) adalah pendekatan interdisipliner yang menuntut siswa untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam mata pelajaran tersebut. Keterampilan Sains adalah keterampilan berdasarkan fenomena. Sikap ilmiah adalah sikap terbuka, ojektif, rasa ingin tahu, bertanggung jawab. Ketercapaian keterampilan sains dengan tes didapatkan hasil dengan perolehan pada kelas VII A sebanyak 22 siswa dengan nilai 70-80, 3 siswa dengan nilai 81-90, dan 5 siswa memperoleh nilai 90-100. Sedangkan aspek sikap ilmiah memiliki nilai untuk ketelitian sebesar 2,8 (cukup), kejujuran 4,5 (baik), bertanggung jawab 4,0 (baik), dan kerjasama 4,0 (baik). Dengan nilai rata-rata sebesar 4,0 dengan kategori Baik. Dalam pengabdian ini, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan desain keterampilan sains dan sikap ilmiah melalui desain LKPD berbasis STEM pada materi pencemaran lingkungan kelas VII di MTsN 4 Lombok Timur

Referensi

Ariani, L., Sudarmin, S., & Nurhayati, S. (2019). Analisis berpikir kreatif pada penerapan problem based learning berpendekatan science, technology, engineering, and mathematics. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Hasanah, Zainatul., Andi, Ulfa Tenri Pada., Safrida1, Wiwit Artika., & Mudatsir. (2021). Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9 (1).

Karnuriman., Haryono., & Wardani, Sri. (2019). Development of STEM Workers Based on STEM to Optimize Curriculum 2013 Implementation. Journal of Curriculum and Educational Technology, 8(2): 74-76. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/32525.

Saputra, Roni Agus., Herpratiwi., & Caswita. (2020). Developing a STEM-based students’ worksheet building material in elementary school Bandar Lampung City. Jurnal Prima Edukasia, 8 (2): 145-147. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).