Vol 5 No 2 (2022): April-Juni
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Pelatihan Penerapan Desain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis STEM Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Keterampilan Sains Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik MTsN 4 LOTIM

Penulis

Raudatul Jannah , Abdul Syukur

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i2.1607

Diterbitkan:

2022-06-21

Unduhan

Abstrak

LKPD adalah perangkat pembelajaran berupa lembaran kertas. STEM (sains, teknologi, teknik, dan matematika) adalah pendekatan interdisipliner yang menuntut siswa untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam mata pelajaran tersebut. Keterampilan Sains adalah keterampilan berdasarkan fenomena. Sikap ilmiah adalah sikap terbuka, ojektif, rasa ingin tahu, bertanggung jawab. Ketercapaian keterampilan sains dengan tes didapatkan hasil dengan perolehan pada kelas VII A sebanyak 22 siswa dengan nilai 70-80, 3 siswa dengan nilai 81-90, dan 5 siswa memperoleh nilai 90-100. Sedangkan aspek sikap ilmiah memiliki nilai untuk ketelitian sebesar 2,8 (cukup), kejujuran 4,5 (baik), bertanggung jawab 4,0 (baik), dan kerjasama 4,0 (baik). Dengan nilai rata-rata sebesar 4,0 dengan kategori Baik. Dalam pengabdian ini, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan desain keterampilan sains dan sikap ilmiah melalui desain LKPD berbasis STEM pada materi pencemaran lingkungan kelas VII di MTsN 4 Lombok Timur

Kata Kunci:

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Keterampilan Sains; Sikap Ilmiah; MTsN 4 Lombok Timur

Referensi

Ariani, L., Sudarmin, S., & Nurhayati, S. (2019). Analisis berpikir kreatif pada penerapan problem based learning berpendekatan science, technology, engineering, and mathematics. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Hasanah, Zainatul., Andi, Ulfa Tenri Pada., Safrida1, Wiwit Artika., & Mudatsir. (2021). Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9 (1).

Karnuriman., Haryono., & Wardani, Sri. (2019). Development of STEM Workers Based on STEM to Optimize Curriculum 2013 Implementation. Journal of Curriculum and Educational Technology, 8(2): 74-76. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/32525.

Saputra, Roni Agus., Herpratiwi., & Caswita. (2020). Developing a STEM-based students’ worksheet building material in elementary school Bandar Lampung City. Jurnal Prima Edukasia, 8 (2): 145-147. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe

Cara Mengutip

Raudatul Jannah, & Abdul Syukur. (2022). Pelatihan Penerapan Desain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis STEM Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Keterampilan Sains Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik MTsN 4 LOTIM. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 229–233. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1607