Melatih Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Dengan Menerapkan Model Pembelajaran ADDIE Pada Materi Getaran Dan Gelombang Untuk Smp Kelas VIII

Penulis

Istiqomah , Jamaludin , Khusnul Auliya

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i2.1608

Diterbitkan:

2022-06-21

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Kata Kunci:

Keterampilan Proses Sains; Model Pembelajaran ADDIE; Getaran dan Gelombang; SMP IT Pondok Pesantren Abu Hurairah Mataram

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Istiqomah, Jamaludin, & Khusnul Auliya. (2022). Melatih Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Dengan Menerapkan Model Pembelajaran ADDIE Pada Materi Getaran Dan Gelombang Untuk Smp Kelas VIII. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 234–239. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1608

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa SMP kelas VIII di Pondok Pesantren Abu Hurairah Mataram dengan menggunakan model pembelajaran ADDIE, dimana Model pembelajaran ADDIE merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan dapat memfasilitasi siswa dalam mengembangkan proses sains berdasarkan tahapan yang sistematis.  Metode pada penelitian ini yaitu berupa pretest dan protest yang dimana dilakukan sebelum dan sesudah pelaksaan pembelajaran. Adapun hasil belajar siswa dalam memahami konsep sains dengan memberikan materi fisika didapatkan sebesar 0,633 untuk kelas 8A, 0,635 untuk kelas 8C dan 0,687 untuk kelas 8D. Dari rata-rata nilai N-gain yang didapatkan bahwa hasil ini termasuk dalam kategori sedang dan persentasenya termasuk dalam tafsiran cukup efektif. Adapun dari hasil ini dapat disimpulkan penggunaaan metode ADDIE cukup baik karena terlihat juga dan keaktifan siswa dalam pelajran di kelas. Sehingga diharapakan bagi pengajar harus mampu memberikan materi yang bisa dan mudah dipahami oleh siswa terutama dalam media pembelajaran agar siswa tidak mudah jenuh dalam menerima pelajaran

Referensi

Aldoobie, N. (2015). ADDIE model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68-72.

Arkün, S., & Akkoyunlu, B. (2008). A Study on the development process of a multimedia learning environment according to the ADDIE model and students’ opinions of the multimedia learning environment. Interactive educational multimedia: IEM(17), 1-19.

Gürses, A., Çetinkaya, S., Doğar, Ç., & Şahin, E. (2015). Determination of levels of use of basic process skills of high school students. Procedia -Social and Behavioral Sciences, 191, 644–650.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1), 64-74.

KaramustafaoÄŸlu, S. (2011). Improving the science process skills ability of prospective science teachers using I diagrams. Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education, 3(1), 26-38.

Silabus Mata Pelajaran SMA/MA Mata Pelajaran Fisika, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2016).

McGriff, S. J. (2000). Instructional system design (ISD): Using the ADDIE model. Retrieved June, 10(2003), 513-553.

Nurseha, N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep Tentang Getaran Dan Gelombang Pada Kelas Viii Smp Negeri 5 Marawola. Mitra Sains, 3(1).

Ongowo, R. O., & Indoshi, F. C. (2013). Science process skills in the Kenya certificate of secondary education biology practical examinations. Creative Education, 04(11), 713–717.

Rezba, R. J., Sprague, C., & Fiel, R. (2003). Learning and assessing science process skills: Kendall Hunt.

Rosdianto, H., & Murdani, E. (2017). The Implementation Of Poe (Predict Observe Explain) Model To Improve Student’s Concept Understanding On Newton’s Law. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 55-57.

Rustaman, N., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S. A., Achmad, Y., Subekti, R., Rochintaniawati, D., & Nurjhani, M. (2005). Strategi belajar mengajar biologi. In: Malang: UM press.

Sanjaya, I. G. R., Murda, I. N., & Arcana, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran SFAE Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VI Gugus IV Rama Jembrana. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Dimyati dan Mujdiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Bintari Kartika Sari. 2017. Desain Pembelajaran Model Addie Dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Negeri Surabaya.

Sulistri, E. (2016, 15 October 2016). The Investigation of Junior High School Students’ Science Process Skill in Terms of Some Variables. Paper presented at the International Seminar on Mathmatics, Science, and Computer Education, Bandung.

Sulistri, E., & Nugroho, S. E. (2018). The Development of Set Activity Based Assessment (ABA) to Measure Student Science Process Skill at Physics II.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).