Peningkatan Mutu dan Daya Jual Gula Semut melalui Uji Organoleptik di Desa Gelangsar Lombok Barat

Penulis

Arben Virgota , Alinda Saputri , Baiq Karni Indrayati , Fatika Agustina , Fitri Wahyu Ramdani , Inda Noviani , Mery Dwi Rahmawati , Muhammad Galih Sulendra , Muhammad Hizbullah , Nurkhalisa , , Nur Izza Latifah , Baiq Farista

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i2.1615

Diterbitkan:

2022-05-18

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Kata Kunci:

Gula Aren, Gula Semut, Organoleptic Test, Desa Gelangsar

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Arben Virgota, Alinda Saputri, Baiq Karni Indrayati, Fatika Agustina, Fitri Wahyu Ramdani, Inda Noviani, … Baiq Farista. (2022). Peningkatan Mutu dan Daya Jual Gula Semut melalui Uji Organoleptik di Desa Gelangsar Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 114–118. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1615

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Gula aren telah diproduksi oleh bangsa Indonesia sejak lama. Di Desa Gelangsar gula aren diproduksi oleh masyarakat pengarajin gula aren dan juga beberapa UMKM. Pada umumnya gula ren yang diproduksi di Desa Gelangsar berbentuk balok. Oleh sebab itu, Kelompok KKN Desa Gelangsar 2021/2022 memperkenalkan inovasi baru dalam pengolahan gula aren di desa Gelangsar, yaitu pengolahan gula aren berbentuk balok menjadi gula aren berbentuk granular atau lebih dikenal sebagai gula semut. Produk gula semut yang dihasilkan diberi label Gelangsar Gula Semut (GGS).  Produksi GGS harus disertai dengan penjaminan mutu produk. Uji organoleptik dapat diterapkan untuk pengendalian mutu GGS. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan keterampilan kepada masyarakat mitra dalam hal pengendalian mutu produk gula semut melalui pengujian organoleptik. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam 3 tahapan yaitu sosialisasi uji organoleptik yang kemudian dilanjutkan dengan praktik pengujian di laboratorium dan juga di lapangan. Secara umum kegiatan pengabdian ini telah berhasil melatih masyarakat mitra dalam melakukan pengujian mutu produk GGS menggunakan metode uji organoleptik. Diharapkan dimasa mendatang masyarakat mitra dapat menerapkan metode uji organoleptik ini secara mandiri dalam dalam upaya menjaga kualitas produk pangan yang dihasilkan.

Referensi

Fitriyono, A. (2014). Teknologi Pangan Teori dan Praktis. Graha Ilmu, (November), 1–6.

Gelangsar, Pemerintah Desa. 2013. Profil Desa Gelangsar. https://gelangsar.desa.id/index.php/artikel/2013/7/29/profil-desa-gelangsar.

Joseph, G. H., & Layuk, P. (2016). Pengolahan Gula Semut dari Aren. Buletin Palma, 13(1), 60–65.

Karouw, S., & Lay, A. (2018). Nira Aren dan Teknik Pengendalian Produk Olahan / Palm Neera and Control Tecniqueof Processing Products. Nira Aren Dan Teknik Pengendalian Produk Olahan / Palm Neera and Control Tecniqueof Processing Products, 1(31), 116–125.

Wahyuningtias, D. (2010). Uji Organoleptik Hasil Jadi Kue Menggunakan Bahan Non Instant dan Instant. Binus Business Review, 1(1), 116.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).