Pembentukan Wirausaha Melalui Pelatihan Pengolahan Jajan Tradional di Desa Nyerot Kabupaen Lombok Tengah

Penulis

M. Yamin , I. Putu Artayasa , Khairuddin , Darmansyah

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1618

Diterbitkan:

2022-03-24

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

Jajan, tradisional, wirausha.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

M. Yamin, I. Putu Artayasa, Khairuddin, & Darmansyah. (2022). Pembentukan Wirausaha Melalui Pelatihan Pengolahan Jajan Tradional di Desa Nyerot Kabupaen Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1618

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia sejak Maret 2020 telah mendorong pemerintah mengeluarkan sejumlah kebijakan diantaranya mengharuskan melakukan physical distancing, pembatasan sosial dan menghimbau masyarakat tidak keluar rumah. Akibatnya kebutuhan masyarakat sehari-hari yang sebelumnya cukup terpenuhi, menjadi hamper tidak dapat terpenuhi, terutama bahan pangan. Banyak usaha masyarakat seperti peternakan unggas, budidaya ikan dan lainnya terpaksa harus berhenti. Akibatnya jumlah pengangguran makin bertambah. Sementara di sisi lain kita memiliki banyak sumber daya alam bahan pangan yang belum terkelola misalnya kelor, talas dan air buah kelapa. Kegiatan ini memberikan pelatihan wirausaha dan keterampilan pengolahan berbagai jenis jajan tradisonal Lombok. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui penyuluhan, pelatihan dan pendampingan.  Kegiatan penyuluhan dan pelatihan telah diikuti oleh 20 orang peserta dan telah terbentuk satu wirausa pengolahan jajan tradisional Lombok UMKM “Patuh Angan†di desa lokasi.

Referensi

Badan Pusat Statistik Lombok Tengah. 2016. Kabupaten Lombok Tengah Dalam Angka. Lombok Tengah, 2016.

Macam-macam teknik pengolahan kue beserta contohnya - Anythings School (anythingschool.blogspot.com)

Majdi, M. Z., Rizkiwati, B. Y., &Wirasasmita, R. H. (2019). Peningkatan kualitas dan daya saing produk usaha jajanan khas Lombok di Desa Suradadi Kabupaten Lombok Timur. Abdi Insani, 6(2),158-172.

Sari Byna , Farida Y & Lamsah. (2019) Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Tanaka Pt . Sumber Digital Media Banjarmasin Elektronik

Sari, I. A. L. N., &Putri, D. A. P. A. G. (2021). Pegembangan UMKM Jajan Sengait di Desa Sading Melalui Inovasi Branding dan Packaging. Integritas: Jurnal Pengabdian, 5(2), 268-275.

Yamin, M. 2020. Mengenal Dampak Negatif Zat Aditif pada Makanan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, Volume 3, Nomor 2.

Yamin, M., Taufik Hidayat2, Ahmad Nubhan3, Soviana Agustina4, Dindi Listiawati5, Siti Kholida6, Rika Ramdayani7, Sri Muliani Kamarudin8, Surya Anjani9, Sirli Siska10, Nurhayati11, Handini12., 2022, Pelatihan Pengolahan Jajan Tareq Lombok untuk Meningkatkan Pendapatan Pengrajin di Desa Nyerot Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan Ipa, Volume 5, Nomor 1.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).