Edukasi Sadar Bising Sebagai Upaya Promotif dan Preventif Terhadap Gangguan Dengar Melalui Media Podcast
DOI:
10.29303/jpmpi.v5i2.1630Diterbitkan:
2022-05-18Terbitan:
Vol 5 No 2 (2022): April-JuniKata Kunci:
Podcasts, Noise, Hearing ImpairmentArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Advances in technology and communication media that are increasingly rapidly giving meaning to the development of education where various information can be easily accessed, including health. Among the various latest trends that have emerged, podcasts appear as a very interesting technology for conducting health education and can be accepted by all circles, including the millennial generation. Various health education themes have been carried out through podcasts, one of which is noise awareness which reviews various information about the importance of maintaining hearing health and its impact on quality of life. The millennial generation is an age group that is close to technological developments, so that more and more young people are at risk of hearing loss due to frequent exposure to loud sounds from gadgets or from a noisy surrounding environment. The results of this podcast recording are then uploaded through the YouTube channel with the hope that the information that has been reviewed in it will be able to increase high awareness of individuals, especially the younger generation regarding their daily attitudes in maintaining hearing health, as a preventive and promotive effort. The result of this activity is the acceptance of education about noise awareness by the public which can be seen from the viewers listed on the youtube page. There are 675 viewers on this podcast upload.
Referensi
Pawenang, E.T., & Rahayu, P. 2016. Faktor yang berhubungan dengan gangguan pendengaran pada pekerja yang terpapar bising di unit spinning I pt sinar pantja djaja semarang. Unnes Journa of Public Health. 5(2), hal 140-148.
Fadhliah, N.I. 2016. Hubungan Intensitas Kebisingan Dengan Gamgguan Pendengaran Pada Pekerja Di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar Tahun 2016, Tesis. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar.
Susiyanti, E. & Mukhlis, I. 2020. Efek Penggunaan Earphone sebagai Faktor Resiko Kejadian Noise Induced Hearing Loss. Majority. 9(2), hal 63-67.
Prasetyowati, O., Grace, W. & Nuri, P.A. 2019. Pengaruh Pajanan Bising Terhadap Kejadian Noised Induced Hearing Loss Dan Hiperkolesterolemia Pada Pekerja Produsen Alat Berat. Informatika Kedokteran. 2(1), hal 37-46.
Setiani, L., Nurul, S. & Yusni. 2018. Hubungan Lama Paparan Penggunaan Earphone Musik Terhadap Terjadinya Gangguan Pendengaran Akibat Bising pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Jurnal Kedokteran Nanggroe Medika. 1(2), hal 17-26.
WHO. 2022. Media brief on #safelistening: Hearing loss: key facts, https://www.who.int/publications/m/item/media-brief-on-safelistening, diakses tanggal 3 Mei 2022.
Rumampuk, C.V.G., Moningka, M.E.W. & Lintong, F. 2018. Hubungan penggunaan headset terhadap fungsi pendengaran pada mahasiswa angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Medik dan Rehabilitasi, 1(2), hal 1-5.
Laoh, A., Rumampuk, J.F. & Lintong, F. 2015. Hubungan penggunaan headset terhadap fungsi pendengaran pada mahasiswa angkatan 2012 Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Kedokteran Komunitas dan Tropik, 3(3) hal 142-147.
Hutabarat, P.M. 2020. Pengembangan Podcast Sebagai Media Suplemen Pembelajaran Berbasis Digital Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), hal 107-116.
Phillips, B. 2017. Student-Produced Podcasts in Language Learning – Exploring Student Perceptions of Podcast Activities. IAFOR Journal of Education, 5(3), hal 157-171.
Kadriyan, H. 2019. Pelayanan kesehatan Telinga Hidung Tenggorok Kepala dan Leher pada Masa Revolusi Industri 4.0: Refleksi
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).