Pendampingan Masyarakat Dalam Persiapan Pembangunan Bak Induk Penampung Air Tanah Untuk Pengembangan Irigasi Lahan Kering Di Kabupaten Lombok Utara

Penulis

I Dewa Gede Jaya Negara , Bambang Hari Kusumo , Kisman, Tajidan , Lolita Endang Susilawati , Bambang Budi Santoso , Joko Priyono

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i2.1731

Diterbitkan:

2022-06-07

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Kata Kunci:

Partisipasi, Potensi, Efisiensi, Irigasi, Pertanian

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

I Dewa Gede Jaya Negara, Bambang Hari Kusumo, Kisman, Tajidan, Lolita Endang Susilawati, Bambang Budi Santoso, & Joko Priyono. (2022). Pendampingan Masyarakat Dalam Persiapan Pembangunan Bak Induk Penampung Air Tanah Untuk Pengembangan Irigasi Lahan Kering Di Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 161–167. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1731

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Dalam persiapan pembangunan bak Induk penampung air pompa di Sambik Rindang 1, diperlukan bangunan berupa lantai kerja karena bak air akan berada di lereng perbukitan dan rentan terhadap bahaya gempa. Dalam hal tersebut diperlukan pekerja seperti tukang yang memadai, dan perlu ada partisipasi masyarakat dalam pembangunan tersebut. Memperhatikan keterampilan warga yang ada sangat bermacam-jenisnya, maka pelibatan masyarakat perlu dilakukan secara selektif untuk menjamin hasil pekerjaan yang baik. Untuk itu pekerja yang dilibatkan perlu didampingi tim yang berpengalaman, agar hasil pembangunan memiliki kualitas dan kuantitas sesuai dengan yang diperlukan. Mengingat pentingnya terbangunnya bak air tersebut untuk menampung air dari air tanah, maka  tim dari Unram dalam pengabdian ini perlu membantu kepentingan masyarakat tersebut. Pengabdian ini dilakukan dengan metode pendamping oleh Tim  Unram,  dengan tahapan kegiatan:  survey awal dan koodinasi, kegiatan pendampingan dalam  penentuan lokasi, pengukuran lokasi, pemasangan bawplang bak, penggalian  dasar lantai kerja dan pembangunan lantai kerja. Diskusi dan tanya jawab dilakukan selama proses pembangunan, untuk meningkatkan wawasan para tukang dan pekerja dilokasi setempat.Hasil pengabdian warga  telah berhasil membuat lantai kerja  bak Induk sampai selesai, peserta telah mendapatkan pengetahuan pembanguan tambahan dari kegiatan ini. Dikusi dan tanya jawab telah menigkatkan  pengetahuan Teknik banguan pada para tukang dan perkerja yang ada di Sambik Rindang 1tentang pentingnya keamanan bangunan yang dihasilkan, sehingga dapat digunakan sebagai bekal dalam pembangunan dimasa-masa mendatang.   Semua yang terlibat harus memiliki tanggungjawabnya, agar bangunan yang dihasilkan dapat bermanfaat dengan baik. Dengan selesainya kegiatan pertemuan terpusat tersebut maka kegiatan ini sudah selesai, tim pengabdian mengucapkan terimakasih dan semoga amal ini memberi manfaat.

Referensi

ICCTF, 2016, “Penguatan Produktifitas Perkebunan

Dan Peternakan Masyarakat Di Lahan Kering

Dengan Model Sistem Irigasi tetes Berbasis

Sumber Energi Dari Solar Sellâ€, Laporan

Akhir, Mataram.

Negara I D G J, 2017, “Dokumentasi Kegiatan

Lapangan,â€Mataram

Negara,I D G J; Supriyadi,A;2016. Analisis Rancangan Bangunan Sistem Irigasi Hemat Air Terpadu Berbasis Jaringan Irigasi Air Tanah (JIAT) Pada Lahan Kering Tanah Bergradasi Halus Di Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur.Jurnal Spektum Sipil. ISSN1858-4896.Vol. 3 No. 1 : 49 – 59. Maret 2016

Negara,I D G J; Supriyadi,A;& Pracoyo,A. 2017. Penyuluhan dan Pelatihan Tentang Pembuatan Irigasi Leb Pipa pada Jaringan Irigasi Air Tanah Dalam di Dusun Arungan Bali Desa Akar-Akar Kabupaten Lombok Utara. Laporan Pengabdian PNBP,LPPM Unram.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).