Pengolahan Sampah Anorganik Melalui Ecobrick Sebagai Upaya Mengurangi Limbah Plastik

Penulis

Ni Wayan Sri Suliartini , Isnaini , Popi Ulandari , Muhammad Zaki Alhannani , I Gede Esha Adyana Nando , Baiq Martina Safitri , Halimatussakdiah , Akhsanul Amru

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i2.1741

Diterbitkan:

2022-06-20

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Kata Kunci:

pengolahan sampah anorganik, sampah plastik, ecobrick, produk baru.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ni Wayan Sri Suliartini, Isnaini, Popi Ulandari, Muhammad Zaki Alhannani, I Gede Esha Adyana Nando, Baiq Martina Safitri, … Akhsanul Amru. (2022). Pengolahan Sampah Anorganik Melalui Ecobrick Sebagai Upaya Mengurangi Limbah Plastik. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 209–213. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1741

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Ecobrick merupakan bata ramah lingkungan hasil dari teknik pengelolaan sampah plastik yang terbuat dari botol-botol plastik bekas PET yang di dalamnya telah diisi berbagai sampah plastik hingga penuh, kemudian dipadatkan sampai menjadi keras mencapai jumlah bobot tertentu. Ecobrick dapat menjadi salah satu material alternatif arsitektural yang terjangkau. Kegiatan pengabdian KKN yang dilaksanakan oleh Universitas Mataram bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mengolah sampah melalui ecobrick dalam menghadapi permasalahan sampah anorganik di lingkungannya menjadi sebuah produk baru. Kegiatan  ini dilaksanakan pada tanggal 25 Januari 2022 pukul 10.00 s.d 12.00 WITA yang  dilaksanakan di SDN 1 Ranjok, Desa Ranjok, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian KKN ini kepada Masyarakat adalah edukasi dan presentasi tentang pembuatan ecobrick kepada masyarakat desa Ranjok, kabupaten Lombok Barat. Diharapkan dengan adanya edukasi dengan presentasi kepada masyarakat, dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah berkelanjutan. Pelaksanaan program kerja tersebut mendapat respon positif dari masyarakat dan perangkat desa karena dapat membantu mengurangi volume sampah yang dihasilkan. Hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat adalah meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah anorganik, serta pemahaman masyarakat yang lebih baik mengenai material bangunan alternatif ramah lingkungan dari ecobrick. Hasil yang didapatkan dari adanya program kerja mengenai pengolahan sampah melalui ecobrick yaitu pengetahuan tentang pengolahan sampah mulai dari pilah sampah, memasukkan sampah ke dalam botol dan memadatkan sampah plastik serta menyusun semua ecobrick sehingga terbentuk sebuah produk baru seperti bangku atau kursi. Pengolahan sampah melalui ecobrick ini mendapatkan respon positif karena antusiasme masyarakat terutama anak-anak SD sangat tinggi. Pengetahuan masyarakat tentang pemanfaatan sampah anorganik menjadi ecobrick meningkat.

Referensi

Abdullah, H., & Jamaai, A. K. (2016). Properties of eco-brick manufactured using kenaf fibre as matrix. Journal of Applied and Physical Sciences, 2(1), 20-24.

Asih, H.M., & Fitriani, S. (2018). Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) Produksi Inovasi Ecobrick. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 17(2), 144. https://doi.org/10.23917/jiti.v17i2.6832

Avicenna, I. 2019. Pengelolaan Sampah Plastik yang Mudah dan Murah melalui Ecobrick . Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang. https://kkp.go.id/djprl/bkkpnkupang/artikel/11508-pengelolaan-sampah-plastik-yang-mudah-dan-murah-melalui-ecobrick. Diakses tanggal 12 Mei 2022.

Chien, C. C., Lu, Y. S., Liou, Y. J., & Huang, W. J. (2012). Application of waste bamboo materials on produced eco-brick. Journal of Shanghai Jiaotong University (Science), 17(3), 380-384.

Fauzi, M., Sumiarsih, E., Adriman, Rusliadi, Hasibuan, I.F., Fista, A., & Hermawita, A. (2019). Ecobrick Solusi Sampah Plastik Masa Kini. UR Press.

Jambeck, J. R., R. Geyer, C., Wilcox, T. R., Siegler, M., Perryman, A., Andrady, R., Narayan, & Law, K. L. (2015). Plastic waste inputs from land into the ocean. Science, 347 (6223), 768–771. https://www.science.org/doi/10.1126/science.1260352

Nufus, H., & Zuriat, Z. (2020). Sosialisasi Dampak Pencemaran Plastik Terhadap Biota Laut Kepada Masyarakat Di Pantai Lhok Bubon Aceh Barat. Jurnal Marine Kreatif, 3(2), 7–13. https://doi.org/10.35308/jmk.v3i2.2286

Jupri, A., Prabowo, AJ., Aprilianti, BR., & Unnida. D. (2019). Pengelolaan Limbah Sampah Plastik Dengan Menggunakan Metode Ecobrick Di Desa Pesanggrahan. Jurnal Prosiding PEPADU 1 (1), 341-347

Purwaningrum, P. (2016). Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik Di Lingkungan. Indonesian Journal of Urban and Environmental Technology, 8(2), 141. https://doi.org/10.25105/urbanenvirotech.v8i2.1421.

Putra, H. P., & Yuriandala, Y. (2010). Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains &Teknologi Lingkungan, 2(1), 21–31. https://doi.org/10.20885/jstl.vol2.iss1.art3.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).