Pelatihan Pembentukan Bonsai Tanaman Beringin Pada Forum Remaja Masjid Jami’ Di Dusun Taman Kulon Rt. 001/002 Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri

shaping of banyan plants bonsai

Penulis

ahmad rosyid , Suwarto , Agus Purwanto

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i3.1767

Diterbitkan:

2022-06-27

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Kata Kunci:

covid-19, bonsai beringin, pelatihan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

rosyid, ahmad, Suwarto, & Purwanto, A. . (2022). Pelatihan Pembentukan Bonsai Tanaman Beringin Pada Forum Remaja Masjid Jami’ Di Dusun Taman Kulon Rt. 001/002 Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri: shaping of banyan plants bonsai . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 368–373. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.1767

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Training on the shaping of banyan plants bonsai for the youth of Jami’ Mosque, Taman Kulon RT.001002, Wiroko Village, Tirtomoyo District, Wonogiri Regency. The purpose of this service is to give training and experience to youth members of Masjid Jami’ in Taman Kulon RT.001002, Wiroko Village, Tirtomoy District, Wonogiri Regency during the Covid – 19 pandemic. Methode that is used in this service is a discoursing and mentoring method. The material presented is the shaping bonsai on banyan plants. Discoursing focused on counseling and training was carried out during the practice of shaping banyan plant bonsai until monitoring the development of these banyan plant bonsai. The expected target from the counseling and training is an increase in understanding of the way to shape banyan plants bonsai by at least 20% among members of the Jami’ Mosque Youth Forum in Taman Kulon RT.001002, Wiroko Village, Tirtomoy District, Wonogiri Regency. The analysis of pre-test and post-test data showed that there was an increase in understanding among Jami’ Mosque Youth Forum in the shaping of bonsai on banyan plants from an average score of 18 to 29 or an increase in understanding of 66%. In addition, it is also proven by the shape of the leaves on the banyan plants which are getting smaller, so it can be concluded that counseling and training on the shaping of banyan bonsai can be said to be successful.

Referensi

Abe, A. (2001). Perencanaan daerah: memperkuat prakarsa rakyat dalam otonomi daerah. Lapera Pustaka Utama.

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/08/mendikbudristek-pandemi- mengakselerasi-transformasi-sektor-pendidikan. Diunduh pada hari Senin, 15 November 2021. Pukul 21.10 WIB.

https://www.dekoruma.com/artikel/65073/menanam-bonsai-beringin. Diunduh pada hari Selasa, 15 November 2021. Pukul 21.10 WIB.

https://www.99.co/blog/indonesia/jenis-bonsai-tanaman-liar/. Diunduh pada hari Selasa 16 November 2021. Pukul 21.10 WIB.

https://www.rumah.com/panduan-properti/bonsai-35103. Diunduh pada hari Selasa 16 November 2021. Pukul 21.10 WIB.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/05/120400976/7-manfaat-luar-biasa- meletakkan-tanaman-bonsai-di-rumah?page=all. Diunduh pada hari Rabu 17 November 2021. Pukul 21.10 WIB.

Majalah Remaja Fitrah (2012). http://jalurilmu.blogspot.co.id/2011/10/religiusitas. diunduh pada hari Senin, 15 November 2021. Pukul 21.10 WIB

Syukur, Muhammad dkk. (2015). Teknik Pemuliaan Tanaman . Jakarta : Penebar Swadaya.

Shilphy A, Octavia. ( 2020 ). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Jakarta : FIP. UMJ.

Wijaya, K.A ( 2008 ). Nutrisi Tanaman sebagai Penentu Kualitas Hasil dan Resistensi Alami pada Tamnaman. Jakarta : Prestasi Pustaka

Biografi Penulis

ahmad rosyid, Univet Bantara Sukoharjo

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).