Pemanfaatan Metode Irigasi tetes Sederhana Untuk Budidaya Tanaman Hortikultura Di Desa Ungga, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah

Pemanfaatan Metode Irigasi tetes Sederhana Untuk Budidaya Tanaman Hortikultura Di Desa Ungga, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah

Penulis

Fifi Lofiana Tenggara , Baiq Handayani Rinuastuti , Zulya Handayani , Baiq Parasmita Tri Anjani

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i2.1786

Diterbitkan:

2022-06-23

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Kata Kunci:

kekeringan, irigasi tetes, tanaman

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Tenggara, F. L., Rinuastuti, B. H. ., Handayani, Z. ., & Anjani, B. P. T. . (2022). Pemanfaatan Metode Irigasi tetes Sederhana Untuk Budidaya Tanaman Hortikultura Di Desa Ungga, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah: Pemanfaatan Metode Irigasi tetes Sederhana Untuk Budidaya Tanaman Hortikultura Di Desa Ungga, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 267–271. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1786

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kekeringan merupakan masalah yang sering dialami oleh masyarakat khususnya masyarakat di desa Ungga. Masalah kekeringan menjadi penyebab kurangnya pemanfaatan lahan pekarangan rumah untuk penanaman tanaman pangan seperti sayur-sayuran. Di desa Ungga terdapat cukup banyak lahan kosong yang tidak dimanfaatkan. Salah satu upaya yang dapat digunakan untuk menghemat penggunaan air pada pengairan tanaman yaitu dengan menerapkan sisitem irigasi tetes. Sistem irigasi tetes ini memiliki kelebihan seperti menghemat penggunaan air dan menghemat waktu karena penyiraman dilakukan secara otomatis. Pembuatan alat irigasi tetes sederhana menggunakan bahan-bahan yang mudah untuk didapatkan yaitu bambu, botol plastic bekas dan limbah botol infus. Tak hanya pembuatan alat irigasi tetes saja, namun dilaksanakan juga sosialisasi penggunaan alat irigasi tetes sederhana kepada masyarakat Desa Ungga.

 

Referensi

Najimuddin, Didin. 2019. Buku Ajar Irigasi Pedesaan. Yogyakarta : Deepublish.

Pane, Yunita, dkk. 2021. Control Valve Pada Irigasi Persawahan. Medan :Umsu Press.

Wirosoedarmo, Rusian. 2017. Irigasi Pertanian Bertekanan. Malang : UB Press.

Witman, Steven. 2021. Penerapan Metode Irigasi Tetes Guna Mendukung Efisiensi Penggunaan Air di Lahan Kering. Jurnal Triton. 12(1) : 20-28.

Biografi Penulis

Fifi Lofiana Tenggara, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).