Penyuluhan Kesehatan dan Bantuan Psikologi Awal (BPA) Pada Masa Pandemi COVID 19 di Desa Wisma Anggrek Desa Made Kabupaten Lamongan
DOI:
10.29303/jpmpi.v5i2.1792Diterbitkan:
2022-06-23Terbitan:
Vol 5 No 2 (2022): April-JuniKata Kunci:
bantuan psikologi awal, covid 19, rekayasa sosial, stress.Artikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Status pandemi COVID 19 hingga saat ini belum dicabut oleh WHO, dampak pendemi terjadi pada berbagai sektor sehingga antisipasi terhadap masalah kesehatan fisik dan kesehatan psikologis harus senantiasa dijaga. Ibu rumah tangga adalah ujung tombak dalam penerapan kesehatan dari lingkungan masyarakat terkecil yaitu keluarga. Penyuluhan kesehatan dan bantuan psikologi awal (BPA) di kalangan ibu rumah tangga diharapkan mampu menghalau dampak buruk dari pandemi terhadap kehidupan suatu keluarga. Metode yang digunakan adalah Rekayasa Sosial karena masih dalam kondisi pandemi maka penyuluhan hanya dilakukan untuk pengurus RT dan ketua Dasa Wisma dan diharapkan dapat menyampaikan hasil penyuluhan kepada warganya secara merata. Pre-test diberikan kepada para peserta sebelum dilakukan penyuluhan dan post-test diberikan setelah selesai penyuluhan. Hasil yang didapat, warga harus senantiasa menjaga protokol kesehatan dan tidak mengasingkan warga yang terpapar melainkan harus memberikan dorongan moril untuk segera terlepas dari virus COVID 19 atau penyakit lainnya. BPA dapat dilakukan oleh pengurus RT dan Ketua Dasa Wisma kepada individu atau kelompok yang mengalami dampak pandemi COVID 19. Bila gangguan psikologis masih tidak teratasi maka dapat diserahkan kepada tenaga ahli yang berkompeten.
Referensi
Alini, A., & Meisyalla, L. N. (2021). PKM MANAJEMEN STRESS PADA PANDEMI COVID-19 DI DESA KUOK KECAMATAN KUOK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1764
Hasyim, Annisa Nidaur Rohmah, & Siti Mahmudah. (2021). Pendampingan Ibu Rumah Tangga dalam Upaya Memutus Mata Rantai Covid-19 di Desa Klagensrampat-Lamongan. TA’AWUN, 1(02). https://doi.org/10.37850/taawun.v1i02.201
Maulana, I., & Alfian, I. N. (2021). Pengaruh Efikasi Diri dan Penyesuaian Diri terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa Masa Pandemi COVID-19. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 829–836. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.26783
Riyadina, W., Indrawati, L., & Senewe, F. P. (2021). Perubahan IMT pada Penderita Hipertensi Sebelum dan Selama Masa Pandemi Covid-19. Buletin Penelitian Kesehatan, 49(3), 167–174. https://doi.org/10.22435/bpk.v49i3.5227
Rofiqoch, I., Dewi, S., & Yuliani, D. A. (2021). Strategi Coping Stress pada Ibu Hamil di Masa Pendemi Covid 19. Jurnal Kebidanan Harapan Ibu Pekalongan, 8(2). https://doi.org/10.37402/jurbidhip.vol8.iss2.141
Syamsurijal, S., & Sarwan, S. (2021). Kondisi Psikologis Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 220–226. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.290
Tirta Anggraini, Leny, Defa Putri Fitriyana, & Novita Sari. (2021). Kecemasan Ibu Hamil dan Ibu Nifas Pada Masa Pandemi Covid - 19 di Wilayah Kelurahan Sukajaya Palembang Tahun 2020. Jurnal Kebidanan : Jurnal Medical Science Ilmu Kesehatan Akademi Kebidanan Budi Mulia Palembang, 11(2). https://doi.org/10.35325/kebidanan.v11i2.274
Biografi Penulis
Hanie Teki Tjendani, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).