Pemanfaatan Dan Pengolahan Sampah Sebagai Upaya Dalam Menjaga Lingkungan Di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara

Penulis

Baiq Sopiatul Apriani , Nadiani Wibawanindah , Diska Nila Cahyani , Khusnul Khotimah , Baiq Rerin Karlina , Lalu Muhammad Andrian , Lalu Arli Agus Setiawan , Indri Andriani Astuti , Amalia Mursyedani Fitri , Andi Chairil Ichsan

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i2.1806

Diterbitkan:

2022-06-24

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Kata Kunci:

sampah plastik, ekobrick, abon jambu mete

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Apriani, B. S., Wibawanindah, N. ., Cahyani, D. N. ., Khotimah, K. ., Karlina, B. R. ., Andrian, L. M. ., … Ichsan, A. C. . (2022). Pemanfaatan Dan Pengolahan Sampah Sebagai Upaya Dalam Menjaga Lingkungan Di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 295–299. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1806

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Desa Senaru merupakan salah satu desa yang memiliki potensi untuk dikembangkan baik dari segi wisata, alam dan lingkungan. Desa ini terletak di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Desa senaru merupakan desa pariwisata yang banyak dikunjungi para wisatawan lokal maupun luar. Di desa ini terdapat sampah plastik yang belum mendapatkan penanganan lebih lanjut. Sampah plastik merupakan jenis sampah anorganik yang membutuhkan waktu 1000 tahun agar dapat terurai oleh tanah secara sempurna. Selain itu, Desa Senaru juga merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak buah jambu mete, akan tetapi pemanfaatan buah jambu mete oleh masyarakat sekitar masih terbilang terbatas yaitu pengolahannya masih berfokus pada bijinya saja sedangkan dagingnya belum dimanfaatkan secara maksimal bahkan ada yang membuangnya sebagai limbah. Oleh karena itu, dengan adanya artikel ini maka penulis bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk memanfaatkan dan mengolah sampah plastik menjadi ekobrick yang memiliki nilai estetis dan memanfaatkan dan mengolah daging jambu mete menjadi abon yang memiliki nilai jual untuk membantu ekonomi masyarakat

Referensi

Chandra, Budiman. (2006). Pengantar Kesehatan Lingkungan. EGC: Jakarta.

Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang No 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah. Jakarta: Sekretariat Negara RI.

Sirait,M. (2009). Sulap sampah plastik lunak jadi jutaan rupiah. Yogyakarta : B-first.

Widiyasari, Ririn., Zulfitria & Salsabila Fakhirah. (2021).Pemanfaatan sampah plastik dengan metode ecobrick sebagai upaya mengurangi sampah plastik. Seminar Nasional pengabdian masyarakat LPPM UMJ.E-ISSN: 2714-6286.

Zulkarnain, Muhammad Evan. (2011). Pengembangan usaha pengolahan plastik bekas di PT. Mitra Bangun Cemerlang Tangerang. Tugas Akhir. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Biografi Penulis

Baiq Sopiatul Apriani, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).