Pelatihan Pembuatan Peta Menggunakan ArcMap Untuk Menunjang Penyelesaian Skripsi Mahasiswa

Penulis

Denianto Yoga Sativa , L. Achmad TanTilar W.S.K.

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i2.1836

Diterbitkan:

2022-07-05

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Kata Kunci:

Peta; Skripsi; ArcMap; Kartografi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Denianto Yoga Sativa, & L. Achmad TanTilar W.S.K. (2022). Pelatihan Pembuatan Peta Menggunakan ArcMap Untuk Menunjang Penyelesaian Skripsi Mahasiswa . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 335–339. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1836

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang pembuatan peta untuk menunjang penyelesaian skripsi. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan beberapa tahap, yaitu tahap persiapan, tahap observasi, tahap pelaksanaan kegiatan dan tahap pelaporan. Metode yang digunakan meliputi metode ceramah, metode tanya jawab dan metode praktek, digunakan untuk praktek langsung pembuatan peta. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dapat berjalan lancar, berkat dukungan dari mahasiswa dan semua pihak kampus Universitas 45 Mataram, yang memberikan kesempatan dan memfasilitasi tim pengabdian untuk melaksanakan pengabdian. Peserta yang menjadi sasaran pengabdian ini adalah mahasiswa yang memprogramkan skripsi dengan jumlah 13 orang, semua mahasiswa hadir dan mahasiswa yang hadir mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Antusias peserta pada saat pelaksanaan kegiatan sangat tinggi, terlihat pada waktu penyampaian materi dan praktek mereka melaksanakan dengan sungguh-sungguh, peserta juga dapat diajak interaksi, dengan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah: (1) Keselarasan komposisi peta dengan penyajian informasi tematik membuat kesan menarik untuk pembaca/pengguna peta, dan (2) Praktek langsung pembuatan peta meningkatkan pemahaman mahasiswa, sehingga diharapkan dapat menyelesaikan penulisan skripsi dengan lebih baik.

Referensi

Badan Informasi Geospasial. 2018. Petunjuk Teknis Pembangunan Simpul Jaringan

Borden D. Dent, Jeffrey S. Torguson, Thomas W. Hodler. 2009. Cartography: Thematic Map Design, 6th ed. McGraw-Hill: New York

Halim, Yusron dan Sinaga, Maruli. 1996. Kartografi dasar dan Teknik penggambaran peta. Fakultas Geografi UGM: Yogyakarta

Kraak, Menno-Jan dan Ormeling, Ferjan. 2010. Cartography: Visualization of Geospatial Data, Third edition. Pearson Education Limited: England

Peraturan Kepala Badan Informasi Geospasial Nomor 3 Tahun 2016 tentang spesifikasi teknis penyajian peta desa

Prahasto. 2005. Sistem informasi geografi konsep-konsep dasar. Informatika: Bandung

Rahman, Abdur. 2019. Pengantar Kartografi & Sistim Informasi Geografis (Teori dan Praktik). https://www.researchgate.net/publication/331372726_Pengantar_Kartografi_Sistim_Informasi_Geografis_Teori_dan_Praktik?enrichId=rgreq-016c21d5b2c98d5a6eaedacbc86d1a22-XXX&enrichSource=Y292ZXJQYWdlOzMzMTM3MjcyNjtBUzo3MzA3NzY2MDU4MjI5NzZAMTU1MTI0MjEyODMwNw%3D%3D&el=1_x_2&_esc=publicationCoverPdf . Di akses Juni 2022 pada portal Research Gate

Tyner, Judith A. 2010. Principles of map design. The Guilford Press: New York

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).