Sosialisasi Bahaya Anemia Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SMA

Penulis

Aini , Ika Nurfajri Mentari , Deby Anggryani

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i2.1838

Diterbitkan:

2022-06-30

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Kata Kunci:

Anemia, bahaya, prestasi belajar, siswa

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Aini, Ika Nurfajri Mentari, & Deby Anggryani. (2022). Sosialisasi Bahaya Anemia Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SMA . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 331–334. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1838

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Anemia merupakan suatu kondisi dimana kadar hemoglobin berada di bawah batas normal. Anemia sering terjadi pada ibu hamil anak-anak remaja yang mengalami menstruasi. Anemia biasanya terjadi karena kekurangannya intake makanan atau gangguan pada metabolisme. Anemia terdiri dari beberapa jenis pada umumnya disebabkan karena kekurangannya intake zat besi dalam makanan . Kebiasaan remaja  yang memegang Hp sehingga makan tidak teratur. Kebiasaan makan yang tidak teratur sehingga intake zat besi berkurang,Terlebih dengan pola hidup anak muda yang sering mongkonsumsi minuman seperti teh setelah makan yang berpotensi untuk terjadi anemia. Pada tahap pertama sebelum pengabdian dilakukan  berdiskusi dengan pihak sekolah untuk menentukan tema dan waktu yang tepat untuk pelaksanaan pembagian sasaran serta target yang ingin dicapai dalam pengabdian ini. Hasil akhir pengabdian berasarkan evaluasi evaluasi menunjukkan bahwa dari dari 50 siswa dan diberikan kuesioner diperoleh Bahwa hasil pretest siswa yang memperoleh nilai  baik (di atas 80) sebanyak 54% dan meningkat pada hasil proses posttest menjadi 70%.

Referensi

Ganda Soebrata. Buku Penuntun Laboratorium Klinik - R. Ganda Soebrata. Dian Rakyat; 2013.

Mustaghfiroh L, Asiyah N. Dampak Anemia Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. J SMART Kebidanan. 2019;5(2):28.

Anemia K. Anemia defisiensi besi. 1989;140–5.

Setianingsih W, Trihadi D. Berbagai Faktor Resiko Anemia Pada Remaja Putri. J Keperawatan. 2017;2(1):1–9.

Kementerian Kesehatan RI Badan Penelitian dan Pengembangan. Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar. Kementrian Kesehat Republik Indones [Internet]. 2018;1–100. Available from: http://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf

Rena RA. Respondensi Anemia Defisiensi Besi. Fak Kedokt Univ Udayana. 2017;(1202005126):1–30.

Aini, Made Sriasih. Sosialisasi Pemahaman Budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Dan Rajin) di Pt Narmada. J Pengabdi Magister Pendidik IPA. 2021;4(4):519–23.

Iswara W, Gunawan A, Dalifa D. Pengaruh Bahan Ajar Muatan Lokal Mengenal Potensi Bengkulu Terhadap Hasil Belajar Siswa. J PGSD. 2018;11(1):1–7.

Kristy mellya Putri. Hubungan pengetahuan dengan kejadian anemia pada remaja putri di wilayah kerja puskesmas Paal merah 1 Kota Jambi tahun 2018. Sci J Univ adiwangsa JambiUniversitas adiwangsa Jambi. 2014;7(2):107–15.

Sariyanto I. Serapan Zat Besi Dalam Minuman Teh Kemasan Menggunakan Spektrofotometer. J Anal Kesehat. 2019;8(1):7.

Mataram FU. 2020-FKIP Universitas Mataram. 2020;29.

Sari DM, Aditiawati A, Bahar E, Sari DP. Akurasi Kadar Ferritin Serum dan Saturasi Transferin dalam Memprediksi Laju Pertumbuhan Pasien Thalassemia Mayor. Sari Pediatr. 2016;18(2):87.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).