Pengembangan Model Pemberdayaan Ekonomi Yang Menjamin Perolehan Nafkah Berkelanjutan Bagi Masyarakat Petani Lahan Kering Di Kecamatan Sekotong Kabupaen Lombok Barat

Penulis

Candra Ayu , Wuryantoro , Muhammad Nursan , Aeko Fria Utama FR , Dudi Septiadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1845

Diterbitkan:

2022-03-24

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

pemberdayaan ekonomi, petani lahan kering, produk pangan olahan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Candra Ayu, Wuryantoro, Muhammad Nursan, Aeko Fria Utama FR, & Dudi Septiadi. (2022). Pengembangan Model Pemberdayaan Ekonomi Yang Menjamin Perolehan Nafkah Berkelanjutan Bagi Masyarakat Petani Lahan Kering Di Kecamatan Sekotong Kabupaen Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 374–379. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1845

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kecamatan Sekotong merupakan salah satu wilayah pertanian lahan kering di Kabupaten Lombok Barat, untuk mendukung penghidupan masyarakat secara berkelanjutan maka perlu kegiatan pengolahan lebih lanjut mengenai  produk pangan olahan yang berasal dari bahan baku lokal sehingga dapat menghasilkan nilai tambah. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk wawasan berfikir kreatif kelompok masyarakat untuk mengembangkan kegiatan pengolahan produk pertanian lahan kering yang menjadi sumber penghidupan terutama di musim kemarau,  untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan  masyarakat tentang alternatif produk pangan olahan dan teknik pembuatannya serta meningkatkan pengetahuan tentang manajemen keuangan dan analisis ekonomi suatu unit usaha untuk menjamin konyuitas operasional kegiatan produktif hasil binaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini di Kecamatan Sekotong.   Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini menggunakan metode partisipatif yang  dilakukan dengan tahapan-tahapan meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi implementasi model pemberdayaan ekonomi masyarakat.  Hasil pengabdian kepada masyarakat mampu meningkatkan wawasan berfikir kreatif kelompok masyarakat sehingga memiliki motivasi kuat untuk mengembangkan kegiatan pengolahan produk pertanian lahan kering yang menjadi sumber penghidupan terutama di musim kemarau, pengetahuan dan keterampilan  masyarakat meningkat tentang alternatif produk pangan olahan serta teknik pengolahannya dari berbagai hasil  pertanian lahan kering di Kecamatan Sekotong, dan adanya peningkatan pengetahuan kelompok masyarakat tentang manajemen keuangan dan analisis ekonomi suatu unit usaha untuk menjamin konyuitas operasional kegiatan produktif hasil binaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini di Kecamatan Sekotong.

 

Referensi

Abdurrachman A, Ismail IG, Sutono. 1997. Dukungan Penelitian terhadap Pengem-bangan Pertanian Lahan Kering dalam Pertanian lahan Kering Kawasan Timur Indonesia. Prosiding Lokakarya Nasional Pertanian Lahan Kering Beberapa Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu di KTI; Malang, 10 – 12 Oktober 1996. Sekretariat Pengembangan KTI. Jakarta.

Ayu, C., Nurjannah, S. dan M. Rasyidi. 1998. Studi Perbandingan Tingkat Pendapatan Usahatani Konservasi dan non Konservasi di Kecamatan Sekotong Tengah Kabupaten Lombok Barat. Laporan Penelitian. Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Mataram.

Ayu,C. 2004. Evaluasi Tingkat Sosial Ekonomi Petani pada Program Usahatani Konservasi Lahan Kering. Dalam Jurnal Ilmiah Agroteksos, Vol. 14 No. 1, April 2004.

Ayu,C. 2007. Peranan Program Usahatani Konservasi Dalam Pemberdayaan Ekonomi Wanitatani dan Anak Perempuannya. Dalam Jurnal Penelitian Universitas Mataram. Edisi Agustus 2007.

Ayu, C. dan Wuryantoro. 2009. Model Usahatani Terpadu yang Efisien dan Berdampak terhadap Perbaikan Tingkat Sosial Ekonomi Keluarga Petani secara Berkelanjutan (Kasus: Usahatani Lahan Kering Irigasi Air Tanah di Pulau Lombok). Dalam Agroteksos Vol 20, No.2-3, Desember 2010.

Ayu, C., Wuryantoro, Rosmilawati, dan Padusung. 2010. Model Pengentasan Kemiskinan Peserta Usahatani Konservasi Lahan Kering di Zona Tambang Emas Pulau Lombok. Laporan Hibah Penelitian Strategis Nasional Tahun I. Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Mataram.

Departemen Pertanian RI. 1998. Usahatani di Lahan Kering. Badan Pendidikan dan Latihan Pertanian. Jakarta.

Rukmana R. 1995. Teknik Pengelolaan Lahan Berbukit dan Kritis. Penerbit Kanasius. Yogyakarta.

Wuryantoro, Ayu, C. dan Padusung. 2013. Strategi Nafkah Berkelanjutan Berbasis Ubi Kayu Bagi Rumahtangga Petani Miskin di Wilayah Lahan Kering Marjinal Pulau Lombok . Laporan Hibah Bersaing. Fakultas Pertanian, Universitas Mattaram. Mataram.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).