Pembelajaran MBKM dengan Capaian Akhir Sistem E-commerce Platform (Benchmark OLX) di Binar Academy

Penulis

Ade Safarudin Madani , Giri Wahyu Wiriasto , Misbahuddin

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i3.2003

Diterbitkan:

2022-09-27

Terbitan:

Vol 5 No 3 (2022): Juli - September

Kata Kunci:

MKBM, Binar Academy Agile, Scrum, E-commerce dengan benchmark OLX

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Madani, A. S. ., Wiriasto, G. W., & Misbahuddin. (2022). Pembelajaran MBKM dengan Capaian Akhir Sistem E-commerce Platform (Benchmark OLX) di Binar Academy. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3), 323–330. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i3.2003

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Merdeka Belajar – Studi Independen merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengenai mahasiswa dapat mengambil studi di luar kampus yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Melalui kegiatan MBKM Studi Independen di Binar Academy ini menjadi salah satu implementasi dalam tercapainya program Kemendikbud dalam membentuk mahasiswa yang mampu bersaing secara sosial, kerja sama, manajemen diri dan tuntutan kerja disaat pesatnya perkembangan zaman. Project case dilaksanakan di PT.Lentera Terang Benderang atau Binar Academy selaku mitra merupakan perusahaan bidang teknologi yang memfasilitasi pembelajaraan MBKM dengan metode bootcamp. Bootcamp berlangsung selama kurang lebih 5 bulan dilaksanakan dengan beberapa tahapan dan  proses pembelajaran dilaksanakan secara synchronous dan asynchronous. Kegiatan akhir bootcamp dilaksanakan dengan pembuatan proyek akhir berupa sistem aplikasi E-commerce dengan benchmark OLX yang dapat digunakan sebagai transaksi jual beli barang bekas. Pengerjaan proyek akhir dengan Model Agile khususnya Scrum karena mampu merancang aplikasi yang scalable dengan waktu yang relatif singkat. Project akhir pengembangan Sistem berhasil dikembangkan sebagai sistem e-commerce situs jual-beli online khusus untuk menjual barang bekas.

Referensi

Ariesta, Andreyas, dkk. 2021. Penerapan Metode Agile dalam Pengembangan Application Programming Interface System pada PT XYZ. CoreIT, (1), 7, 38-42.

Azdy, Renazia Agramanisti dan Azhari SN. 2012. Implementasi Scrum pada Pengembangan Software Terdistribusi. Seminar Nasional Informastika, Yogyakarta, 30 Juni.

Binar Academy. 2022. About Us. https://www.binaracademy.com/id/about, diakses tanggal 25 Juli 2022.

Husain, Balqis dan Megawati Basri. 2021. Pembelajaran E-Learning di Masa Pandemi. Surabaya : Pustaka Aksara.

Kemdikbud. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Kinasih, Dinastutyasakti Bening. 2021. Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Kinerja Karyawan. Jurnal SNATi, (1), 1, 57 – 62.

Muri, M. Fuadi Aziz, dkk. 2019. Search Engine Get Application Programming Interface. Jurnal Sains dan Informatika, (2), 5, 88 – 97.

Patmaningrum, Agustin, dkk. 2022. Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk Sebagai Upaya untuk Menciptakan Mahasiswa yang Berkualitas. Jurnal Dharma Pendidikan STKIP PGRI Nganjuk, (1), 17: 119-129.

Ritonga, Roy Amrullah, dkk. 2021. Implementasi Metodologi Scrum dalam Pengembangan Aplikasi Eregitrasi Vendor. Jurnal Sistem Informasi dan Informastika (SIMIKA), (1), 4, 1- 13

Susanti, Lidia dan Rira Estherina. 2021. Pembelajaran Blending Asynchronous-Synchronous Learning Berbasis Relevan terhadap Hasil Belajar Koqnitif Peserta Didik Sekolah Dasar pada Masa Pandemi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, (1), 7, 79-89.

Wijaya, Khana dan Andi Christian. 2019. Implementasi Metode Model View Controller (MVC) dalam Rancang Bangun Website SMK Yayasan Bakti Prabumulih. Jurnal Komputer dan Informatika Universitas Sarana Informatika, (1), 21, 95 – 10.

Wiriasto, G. W., Misbahuddin, M., Iqbal, M. S., Rachman, A. S., Budiman, D. F., & Akbar, L. S. I. (2020). Pemanfaatan Perangkat Lunak Sistem Informasi Akreditasi Program Studi dengan 9-Standar dalam Penyusunan Dokumen Akreditasi Berdasarkan Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS 4.0). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.523

Biografi Penulis

Giri Wahyu Wiriasto, Prodi Teknik Elektro Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).