Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan dan Kreativitas Masyarakat Melalui Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Kokedama Berbahan Dasar Limbah Serabut Kelapa di Kelurahan Tiwugalih, Kabupaten Lombok Tengah.

Optimalisasi Sumber Daya Alam Menjadi Produk Unggulan di Kelurahan Tiwu Galih

Penulis

Baiq Nindy Anidia Agustina , Baiq Rani Dewi Wulandani , Lalu Alfin Maulana Ramdani , Ismi Wardhani , Ahmad Beni Baharun , Aris Munandar , Muhammad Ulhusna , Baiq Silvia Wahyu Ning Tyas , Era Anggela , Annisa Rahmatia , Tamlihatul Khalisah

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i3.2012

Diterbitkan:

2022-09-08

Terbitan:

Vol 5 No 3 (2022): Juli - September

Kata Kunci:

Kelurahan Tiwugalih, Kokedama, Sosialisasi.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Anidia Agustina, B. N., Wulandani, B. R. D., Ramdani, L. A. M. ., Wardhani, I. ., Baharun, A. B. ., Munandar, A., … Khalisah, T. . (2022). Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan dan Kreativitas Masyarakat Melalui Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Kokedama Berbahan Dasar Limbah Serabut Kelapa di Kelurahan Tiwugalih, Kabupaten Lombok Tengah.: Optimalisasi Sumber Daya Alam Menjadi Produk Unggulan di Kelurahan Tiwu Galih. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3), 162–164. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.2012

Abstrak

Kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Mataram mengadakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan kokedama yang berbahan dasar serabut kelapa. Kegiatan ini di laksanakan selama Satu hari yaitu pada tanggal 15 juli 2022 . Bertempat di Kelurahan Tiwugalih, Kabupaten Lombok Tengah. Dengan bantuan dan kerjasama pemerintah kelurahan tiwugalih kegiatan ini terlaksana dengan baik dan penuh antusias dari masyarakat setempat. Kegiatan ini laksanakan guna meningkatkan jiwa wirausaha masyarakat Kelurahan Tiwugalih dan mengedukasi masyarakat Kelurahan tiwugalih untuk mengelola limbah pabrik kelapa di daerah tersebut.
Kata Kunci : Kelurahan Tiwugalih, Kokedama, Sosialisasi.

Referensi

Ludi, S. (2018). Apa itu kokedama. https://www.ludipemi.com/apa-itu-kokedama/

D’Kandang. (2018). Belajar membuat kokedama. http://dkandang.co.id/asiknya-belajar-membuat-kokedama-di-dkandang

Holdefehr, K. (2017). How to make kokedama: Hanging Gardens Perfect for Small Spaces. https://www.apartmenttherapy.com/how-to-make-kokedama-hanging-gardens-for-small-spaces-243697

Biografi Penulis

Baiq Nindy Anidia Agustina, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).