Pengolahan Rumput Laut dan Ikan Tuna Sebagai Makanan Tambahan Untuk Pencegahan Stunting di Desa Seriwe Kecematan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur

Penulis

Roni Irawan , Rizky Ambar Saputri , Figiana Dita Lestari , Maissy Parwati , Rauhil Inayati , I Dewa Nyoman Aditya Permana , Lidiawati , Yoga Julian Darmawansyah , Marsina , Ahmad Raksun

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i3.2024

Diterbitkan:

2022-09-14

Terbitan:

Vol 5 No 3 (2022): Juli - September

Kata Kunci:

pengolahan Siomay Rumput Laut dan Ikan Tuna, Desa seriwe, Program Kerja

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Roni Irawan, Rizky Ambar Saputri, Figiana Dita Lestari, Maissy Parwati, Rauhil Inayati, I Dewa Nyoman Aditya Permana, … Ahmad Raksun. (2022). Pengolahan Rumput Laut dan Ikan Tuna Sebagai Makanan Tambahan Untuk Pencegahan Stunting di Desa Seriwe Kecematan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3), 190–194. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i3.2024

Abstrak

Masyarakat Desa Seriwire sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan. Desa Seriwe memiliki potensi untuk dijadikan sebagai salah satu daerah yang bergerak di bidang pengolahan Rumput laut dengan memanfaatkan hasil laut tersebut menjadi bronis, jeli, dan dodol. Oleh karena itu, dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini kami memilih untuk mengolah rumput laut dan ikan tuna menjadi makanan tambahan untuk pencegahan stunting dengan mengembangkan salah satu hasil laut. Pembuatan siomay merupakan suatu maknan tradisional yang diolah secara tradisional dengan cara yang sangat sederhana, namun memiliki kandungan protein yang tinggi yang meliputi proses menggoreng, mengepres minyak,dan mencampur bumbu. Siomay Rumput Laut Ikan Tuna ini sangat digemari oleh masyarakat dan memiliki prospek yang luas dan menguntungkan karena bahan baku mudah didapatkan, memiliki rasa yang khas, dan harga pangan terjangkau. Siomay ini dapat dikembangkan untuk makananan tambahanpencegahan stunting melalui media sosial seperti Facebook, dan Instagram. Adapun cara pembuatanya secara langsung atau offline dapat dilakukan dengan cara membagi kelompok praktek masak dan menjelasakan bahan dan cara pembuatannya. Pengolahan makanan yang di olah dari hasil laut diharapkan bisa berkembang agar giji ibu hamil dan bayi tetap tercukupi dan memberikan manfaat  bagi masyarakat.

Referensi

Azizah, Anisatun, and Merryana Adriani. "Tingkat kecukupan energi protein pada ibu hamil trimester pertama dan kejadian kekurangan energi kronis." Media Gizi Indonesia 12.1 (2017): 21-26.

Candra, Randa, and Dian Hidayati. "Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA." Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan 6.1 (2020): 26-37.

Dillon, Magnus T., et al. "Radiosensitization by the ATR Inhibitor AZD6738 through Generation of Acentric MicronucleiRadiosensitization by AZD6738." Molecular cancer therapeutics 16.1 (2017): 25-34.

Hadinoto, Sugeng, and Syarifuddin Idrus. "Proporsi dan kadar proksimat bagian tubuh ikan tuna ekor kuning (thunnus albacares) dari perairan maluku." Majalah Biam 14.2 (2018): 51.

Merryana Adriani, S. K. M. Peranan gizi dalam siklus kehidupan. Prenada Media, 2016.

Mariyona, Kartika, and Yuliza Anggraini. "EDUKASI GIZI SEPANJANG DAUR KEHIDUPAN." Jurnal Salingka Abdimas 1.1 (2021): 11-14.

Nessianti, Apiela. "PENGARUH PENAMBAHAN PUREE LABU SIAM (Sechium Edule) TERHADAP SIFAT ORGANOLEPTIK SIOMAY IKAN TENGGIRI (Scomberomorus Commersoni)." Jurnal Tata Boga 4.3 (2015).

Nurmilah, Risma. EKONOMI KREATIF: SUB SEKTOR KULINER KOTA SUKABUMI. Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim, 2021.

Zulaidah, Hana Shafiyyah, Istiti Kandarina, and Mohammad Hakimi. "Pengaruh pemberian makanan tambahan (PMT) pada ibu hamil terhadap berat lahir bayi." Jurnal Gizi Klinik Indonesia11.2 (2014): 61-70.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).