Pelatihan Program Parenting untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUD Di Kota Mataram Tahun 2018

Penulis

Fahruddin Fahruddin , Baiq Nilawati Astini

DOI:

10.29303/jpmpi.v1i1.206

Diterbitkan:

2018-12-22

Terbitan:

Vol 1 No 1 (2018)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Fahruddin, F., & Astini, B. N. (2018). Pelatihan Program Parenting untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUD Di Kota Mataram Tahun 2018. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i1.206

Abstrak

Abstrak: Pendidikan anak usia dini sangat penting artinya untuk perkembangan anak selanjutnya, sehingga pelatihan program parenting untuk meningkatkan profesionalisme guru PAUD dibutuhkan kompetensi guru profesional meliputi kemampuan guru mengenal peserta didik yang dilayaninya secara mendalam. Tujuan yang ditargetkan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah Terbangunnya pengetahuan dan pemahaman guru atau pendidik PAUD pentingnya program parenting di sekolah, meningkatnya keterampilan guru atau pendidik PAUD dalam mengembangkan program parenting di sekolah/PAUD, tersusunnya program parenting di sekolah masing-masing sesuai dengan kondisi dan terimplementasikannya program parenting di sekolah/PAUD di sekolah masing-masing Untuk itu dalam mewujudkan kegiatan tersebut perlu untuk dilakukan dengan memberikan pelatihan mengenai program pengasuhan/parenting kepada guru-guru PAUD/TK di-kota mataram. Dalam pelatihan itu akan diberikan pengetahuan secara teoritis dan praktis. Pengetahuan teoritis berkenaan dengan gambaran umum tentang strategi belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan parenting tanpa memperhatikan perbedaan bidang ilmu yang digelutinya. Sedangkan kegiatan praktisnya akan dilaksanakan dengan pemberian tugas latihan kepada peserta sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing. Dalam kegiatan latihan akan dilakukan pembimbingan oleh anggota tim, sampai pada setiap peserta menghasilkan kegiatan yang menggunakan program parenting.

 

Kata Kunci: Program Parenting, Propesionalisme Guru

Referensi

Armsden, G.C., & Greenberg, M.T. 1987. The inventory of parent and peer attachment: Relationships to well-being in adolescence. Journal of Youth and Adolescence. 5, 427-454.

Ali Nugraha. 2006. Metode Pengembangan Sosial Emosional, Uiversitas Terbuka.

Coleman, M. 2013. Empowering Family-Teacher Partnership Building Connections within Diverse Communities. Los Angeles: Sage Publication.

Fahruddin. 2017. Efektifitas Parenting Dalam Peningkatan Proses Stimulasi Tumbuh Kembang Anak di PAUD/TK kota mataram. Laporan Penelitian PNBP Unram, 2017

Fahruddin & Zulfakar. 2018. Culturally Responsive Teaching Practice In Early Childhood, International Journal of Recent Scientific Research Research. Vol. 9, Issue, 9(E), pp. 28941-28951.

Henderson & Mapp. 2002. National Standards for Parent/Family Involvement Programs

Papalia E& Olds. 2010. Human Development, Boston: McGraw – Hill International Edition.

Patmonodewo, S. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya

Patrikakou, E. N. 2008. The Power of Parent Involvement: Evidence, Ideas, and Tools for Student Success. http://education.praguesummerschools.org/images/education/readings

Santrock W. 1997. Life Span Development, University of Texas – Dallas. Times Mirror Higher Education Group.

Laelatul Fajriah. 2015. Studi tentang Islamic Parenting di Desas Linggapura Kecamatan Tonjong kabopaten Brebesâ€, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan KAllijaga.

Biografi Penulis

Fahruddin Fahruddin, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).