Mendeley Sebagai Aplikasi Pengolah Pustaka Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir di Pulau Lombok

Penulis

Santi Farmasari , Andra Ade Riyanto , Baharuddin , Dewi Satria Elmiana , Aulia Dwi Amalina

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i3.2106

Diterbitkan:

2022-09-05

Terbitan:

Vol 5 No 3 (2022): Juli - September

Kata Kunci:

Mendeley, aplikasi, daftar pustaka, sitasi, bimbingan.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Farmasari, S., Riyanto, A. A. ., Baharuddin, Elmiana, D. S. ., & Amalina, A. D. . (2022). Mendeley Sebagai Aplikasi Pengolah Pustaka Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir di Pulau Lombok. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3), 209–213. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i3.2106

Abstrak

Berbagai aplikasi pengolah pustaka bisa dimanfaatkan dalam mendukung mahasiswa menyelesaikan tugas akhir salah satunya melalui Mendeley. Mendeley merupakan aplikasi yang memiliki kemampuan dalam mengolah database ilmiah berupa e-book, e-journal, dan pustaka lainnya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para mahasiswa akhir untuk bisa menggunakan aplikasi Mendeley dalam mengolah daftar pustaka untuk membantu dalam penyelesaian karya tulis ilmiah mereka seperti skripsi.  Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan pendampingan kepada mahasiswa di 5 perguruan tinggi di NTB yang terdiri dari 60 peserta. Tahapan yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu sesi memberikan gambaran umum dan manfaat aplikasi Mendeley yang dilanjutkan dengan menjelaskan materi terkait penggunaan Mendeley, kemudian dilaksanakan praktek langsung dalam menggunakan Mendeley. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdapat hasil sebagai berikut: (1) mahasiswa diberikan bimbingan menggunakan aplikasi Mendeley dalam mengolah pustaka dan cara mengutip tulisan ilmiah orang lain, dan (2) penggunaan aplikasi Mendeley dapat membantu mahasiswa akhir dalam mengelola daftar pustaka untuk penulisan karya tulis ilmiah, skripsi, dan hasil penelitian lainnya.

Referensi

Arief, I., & Handoko. (2016). Mengelola Referensi Publikasi Ilmiah. Padang: Lembaga Pengembangan Teknologi Informasidan Komunikasi (LPTIK) Universitas Andalas. http://carano.pustaka.unand.ac.id/ index.php/car/catalog/book/7.

Cahnia, Z.A., Darubekti, N., & Samosir, F.T. (2021). Pemanfaatan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi Pada Penulisan Skripsi Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Bengkulu. Journal of Information and Library Science, 12 (1), 48- 54.

Dede, A. R. (2020). Pengeloaan Referensi Dan Sitasi Dengan Software Mendeley. In Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi (Vol. 164, Issue 24).

Hardi, W., Suyono, T., Abbas, S.H. 2020. Manajemen Daftar Pustaka pada Karya Tulis Ilmiah dengan Mendley. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Kosasi, S. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Mendeley desktop Mengelola Referensi Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa. SNPMas: Seminar Nasional Pengabdian Pada Masyarakat, December 2019, 64–74.

Lukman. (2013). Panduan Pengelolaan Referensi Menggunakan Aplikasi Mendeley. PDII – LIPI.

M. Sayuti, Cindenia Puspasari, Fatimah, Kamaruddin, A. (2018). “Menggunakan Mendeley Sebagai Tool Dalam Pengorganisasian Referensi Untuk Penulisan Karya Ilmiah†Penulisan Karya Ilmiahâ€.

Windarto, A. P., Hartama, D., Wanto, A., & Parlina, I. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 145–150.

Biografi Penulis

Santi Farmasari, FKIP Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Lektor/IIId

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).