Manajemen Kerja Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Halu Oleo Pada PT. Benur Top De Heus

Penulis

Akhmad Mansyur , La Sara , Nurhuda Annaastasia , Wa Ode Intiyani Mangurana , Nurdiana A

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i3.2155

Diterbitkan:

2022-09-15

Terbitan:

Vol 5 No 3 (2022): Juli - September

Kata Kunci:

Usaha perikanan; manajemen kerja; Litopenaeus vannamei

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Akhmad Mansyur, La Sara, Nurhuda Annaastasia, Wa Ode Intiyani Mangurana, & Nurdiana A. (2022). Manajemen Kerja Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Halu Oleo Pada PT. Benur Top De Heus . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3), 299–305. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i3.2155

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Manajemen kerja mahasiswa Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Halu Oleo pada PT. Benur Top De Heus merupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat terintegrasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam manajemen kerja perusahaan perikanan. Metode yang dilakukan melalui penerapan program kerja menjadi dua bagian yaitu konektivitas output kerja dengan peningkatan ekonomi masyarakat Desa Batu Putih. Hasil pengabdian terdapat enam divisi kerja yang terdapat di PT. Benur Top De Heus yaitu divisi water, induk, post larva center, plankton, quality control, dan market. Dalam membangun konektivitas perusahaaan dengan peningkatan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan limbah benur udang vannamei (PL 15) dari output kerja yang terdapat di hatchery dalam bentuk kegiatan produktif.

Referensi

Erfan, A, H, Markus Mangampa & Hidayat S., 2007. Budidaya Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei) Pola Tradisional Plus di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Media Akualtur vol 2 (2), hal 67-70.

Rajab, Fahmi, 2006. Isolasi dan Seleksi Bakteri Probiotik Dari Lingkungan Tambak dan Hatchery untuk Pengendalian penyakit Vibriosis Pada Larva udang Windu (Penaeus monodon). IPB University.

Prajogo, D. I., & Sohal, A. S. 2006. The Relationship Between Organization Strategy, Total Quality Management (TQM), And Organization Performance––The Mediating Role Of TQM. European journal of operational research, 168(1), hal 35-50.

Sudjana N, 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensido Offset: Bandung (ID).

Verdian, A. H., Witoko, P., & Aziz, R. (2020). Komposisi Kimia Daging Udang Vanamei Dan Udang Windu Dengan Sistem Budidaya Keramba Jaring Apung. Jurnal Perikanan Terapan, vol 1.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).