Pelatihan Penggunaan E-Commerse sebagai Media Promosi dan Pemasaran Aneka Produk Olahan Herbal

Penulis

Eliyatiningsih , Iqbal Erdiansyah , Vega Sari , Dwi Nurrahmanto

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i3.2163

Diterbitkan:

2022-09-15

Terbitan:

Vol 5 No 3 (2022): Juli - September

Kata Kunci:

pelatihan, e-commerce, promosi, produk, herbal

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Eliyatiningsih, Erdiansyah, I. ., Sari, V., & Nurrahmanto, D. . (2022). Pelatihan Penggunaan E-Commerse sebagai Media Promosi dan Pemasaran Aneka Produk Olahan Herbal. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3), 340–343. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i3.2163

Abstrak

Teknologi internet telah banyak dikenal berbagai kalangan dan digunakan untuk berbagai kepentingan, termasuk dunia bisnis. Melalui e-commerce, para pelaku bisnis dapat mempromosikan produknya secara langsung kepada konsumen tanpa batasan wilayah, atau bahkan dapat menjalin kemitraan bisnis dengan dropshippers atau reseller. Silo merupakan penghasil jahe terbesar di Jember. Desa Pace memiliki potensi tanaman herbal. beberapa anggota Gapoktan di Pace telah berhasil memproduksi kunyit dan berbagai tanaman herbal lainnya dengan omzet ratusan juta rupiah. Berbagai produk olahan herbal juga telah diproduksi dan sebagian besar sudah memiliki izin edar. Gapoktan Desa Suka Maju Pace membutuhkan pendampingan dalam meningkatkan promosi dan pemasaran produk herbal yang dihasilkan oleh anggotanya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pemanfaatan e-commerce sebagai media promosi dan pemasaran berbagai produk olahan herbal. Hasil dari kegiatan ini adalah telah terbentuk akun di Facebook dan Instagram yang akan dikelola oleh sekretaris Gapoktan. Pengurus Gapoktan lainnya juga sudah mampu membuat akun, dan memahami manfaat e-commerce untuk perluasan pemasaran.

Referensi

Basuki, Sari, V. K & Tanzil, A. I. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Limbah Pertanian Sebagai Pupuk dan Mulsa Organik Bagi Kelompok Tani Harapan Desa Slateng Ledokombo Menuju Zero Waste. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3)

Bernadi, J. (2013). Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko Velg YQ. ComTech. 4(2): 731-741.

Erdiansyah, I., Eliyatininsih, Nurahmanto, D., dan Sari, V.K. (2021). Diversifikasi Produk Olahan Tanaman Berkhasiat Obat Guna Mendukung Terwujudnya Desa Sentra Herbal. JMM 5(5): 2770-2778

Erdiansyah, I., Eliyatininsih, Nurahmanto, D., dan Sari, V.K. (2020). Pembibitan Tanaman Herbal di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember Guna Menuju Desa Sentra Herbal. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4(1): 264-267

Kwahk, K. Y., & Ge, X. (2012). The Effects of Social Media on E-Commerce: A Perspective of Social Impact Theory. 45th Hawaii International Conference on System Sciences. pp. 1814-1823. DOI 10.1109/ HICSS.2012.564.

Mukhsin. (2019). Manfaat Penerapan Marketing Online (Menggunakan e-commerce dan Media Sosial) Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Teknokom 2(1):1-9

Schneider, G. (2012). Electronic Commerce. Tenth Edition. Cengage Learning.

Sari, V. K., Erdiansyah, I., Eliyatiningsih, E & Nurahmanto, D. (2022). Ekstensifikasi Budidaya Tanaman Herbal di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember Menuju Desa Sentra Herbal. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2)

Biografi Penulis

Eliyatiningsih, 1Jurusan Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Kabupaten Jember, Indonesia

Vega Sari, Universitas Jember

Fakultas Pertanian, Universitas Jember

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).