Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Ekosistem Siswa

Penulis

Mohammad Liwa Ilhamdi , Nur Hasanah , Muhamad Syazali

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i3.2165

Diterbitkan:

2022-09-20

Terbitan:

Vol 5 No 3 (2022): Juli - September

Kata Kunci:

Penerapan, Jelajah Alam, Pemahaman

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ilhamdi, M. L., Hasanah, N. ., & Syazali, M. . (2022). Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Ekosistem Siswa. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3), 252–258. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i3.2165

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pendekatan Jelajah Alam Sekitar merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan lingkungan sekitar peserta didik sebagai objek belajar biologi yang fenomenanya dapat dipelajari melalui kerja ilmiah. Materi ekosistem merupakan materi biologi kelas X yang membutuhkan pengamatan secara langsung agar siswa lebih memudahkan memahami konsep tentang ekosistem. Penerapan metode jelajah alam sekitar bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi siswa dan dapat memudahkan siswa dalam memahami konsep tentang ekosistem. Keefektifan penerapan metode pendekatan jelajah alam sekitar dapat dilihat dari nilai LKPD yang diperoleh kelas X IPA 2 yakni nilai tertinggi yaitu  85 menunjukan bahwa pemahaman siswa sangat baik dan nilai terendah yaitu 40 yang disebabkan karena kurangnya motivasi belajar siswa. Pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah di SMAN 1 Gunungsari sebagai sumber belajar yang mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajari materi khususnya dalam pembelajaran biologi.

Referensi

Ahmadi. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 4(1): 25-32.

Andika, Rezki. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Vol 1(1): 54-66.

Annalia, Wellie. (2021). Efektifitas Penerapan Kombinasi Model Pembelajaran Pada Latsar Cpns Dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau. Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 1(1): 101-107.

Bare, Yohanes, dkk. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) Materi Ekosistem Taman Nasional Kelimutu (TNK) SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. Vol 5(2): 147-156.

Basaroh, Anisah Suroya, dkk. (2020). Pengembangan E-Modul Model Eksperiental Jelajah Alam Sekitar (Ejas) Pada Materi Plantae. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 12(1): 31-39.

Bunda, Atika Permata, dkk. (2021). Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IIS Mata Pelajaran Sosiologi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 di SMAN 10 Padang. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 2(4): 297-306.

Daud, Firdaus. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Ilmu Pengetahuan Alam dan Integrasi. Vol 4(2): 243-255.

Fitriani, Ima Dan Erliautamipanjaitan.. (2020) Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Biologi Pada Kelas X Mia Sma Swasta Kemala Bhayangkari 2 Rantauprapat Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Edu-Bio: Education And Biology. Vol 2(2): 10-14.

Herayana, dkk. (2020). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Kelas X Sma Negeri 1 Kaway XV. Jurnal Bionatural. Vol 7(1): 61-74.

Julia, dkk. (2018). Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Berbasis Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dunia Tumbuhan Di Sma Negeri Unggul Banda Aceh. Jurnal Edubio Tropika. Vol 6(2): 73-121.

Nasution, Nirmala Sari. (2020). Pembelajaran Outdoor Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekosistem dan Penanaman Karakter Cinta Lingkungan Pada Siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan. Vol 6(1) : 15-28.

Oktaviani, Utari, dkk. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika. Vol 1(1): 1-6.

Praja, Kholif Deigo dan Muji Sri Prastiwi. (2021). Analisis Faktor Pengaruh Hasil Belajar Siswa Materi Ekologi Sekolah Menengah Atas Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bioedu. Vol 11(1): 39-40.

Putra, Sukarman Hadi Jaya. (2021). Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS): Dampaknya terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Journal of Natural Science and Integration. Vol 4(2): 204-213.

Rosalina, Rifana Desi, dkk. (2021). Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Siswa(KPS) dengan Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar(JAS) Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 9(2): 10-18.

Santosa, Tomi Apra dan Sisi yulianti. (2020). Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 7 Kerinci. Science Education and Application Journal (SEAJ). Vol 2(2): 79-87.

Svafei, dkk. (2015).Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Menggunakan Metode Problem Solving. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. Vol 4(4): 1-14.

Simbolon, Naeklan. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Sekolah Dasar PGSD FIP UNIMED. Vol 1(2): 14-19.

Suprihatin, Siti. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol 3(1): 73-82.

Zumroh, Nur, dkk. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Window Shopping dan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar pada Materi Ekosistem. Journal of Biology Education. Vol 7(2).

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).