Pelatihan Budidaya Jamur Tiram Sebagai Salah Satu Upaya Pengembangan Kemampuan Berwirausaha Pada Alumni Pendidikan Biologi FKIP Unram

Penulis

Muhammad Liwa Ilhamdi , Gito Hadiprayitno , Ahmad Raksun , I Gde Mertha

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i3.2166

Diterbitkan:

2022-11-16

Terbitan:

Vol 5 No 3 (2022): Juli - September

Kata Kunci:

Budidaya, Jamur Tiram, Alumni

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ilhamdi, M. L., Hadiprayitno, G. ., Raksun, A. ., & Mertha, I. G. . (2022). Pelatihan Budidaya Jamur Tiram Sebagai Salah Satu Upaya Pengembangan Kemampuan Berwirausaha Pada Alumni Pendidikan Biologi FKIP Unram . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i3.2166

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Salah satu peluang usaha yang prospek dikembangkan adalah budidaya jamur tiram karena peluang pasar di Lombok masih luas sekaligus  merupakan ilmu mikrobiologi terapan yang dipelajari di kampus. Peluang ini perlu dimanfaatkan dengan baik oleh alumni Pendidikan Biologi FKIP Unram. Karena itu dilakukan kegiatan pengabdian sebagai bentuk upaya untuk memaksimalkan peluang tersebut. Pengabdian dilakukan dalam bentuk pelatihan budidaya jamur tiram dengan tujuan memberikan ketrampilan dalam melakukan kegiatan budidaya jamur tiram sebagai upaya meningkatkan keterapilan berwirausaha. Kegiatan pengabdian ini  dilakasanakan dengan metode pelatihan, dan praktek. Pelatihan budidaya jamur dilakukan melalui penyampaian materi prospek pengembangan budidaya jamur, pembuatan bibit F0 dan pembuatan baglog jamur. Kegiatan praktek  dilaksanakan dengan mitra yaitu KPM Berugaq Organik Narmada. Pendampingan dilakukan untuk memastikan budidaya jamur yang dilakukan dapat mengalami pertumbuhan dengan baik. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa peserta antusias mengikuti pelatihan dan praktek dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada pelatih terkait dengan  budidaya jamur tiram. Para alumni mampu membuat bibit jamur F0, F1, F2,  membuat baglog dan memiliki ketrampilan budidaya jamur  untuk mengembangkan kemampuan berwirausaha. Serangkaian kegiatan pengabdian pada masyarakat ini telah berlangsung dapat dengan kesimpulan sebagai berikut :  semua peserta yang terdiri dari alumni pendidikan biologi FKIP Unram sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan memberikan respon positif selama kegiatan berlangsung.  Tim Pengabdian memaparkan dan memberikan pelatihan cara mengembangkan jamur tiram Para peserta pelatihan dan peserta aktif menanyakan hal-hal yang belum jelas dari materi pelatihan .  Setelah pelatihan dan melihat  pengembangan jamur tiram  di tempat pelatihan, semua peserta sangat termotivasi mengembangkan jamur tiram di tempat mereka tinggal maupun tempat bertugas di sekolah-sekolah.

Referensi

Anonim, 2015, Membuat bibit Jamur, http:/ /tiramputihtgl.blogspot.co.id/2012/08/ cara-membuat- bibit-jamur-tiram-f0-f1-f2.html, diakses 1 Agustus 2022. jam 09.00 Wit.

Anonim, 2015, Cara membuat bibit jamur tiram F1 dan F2, http://jamurtirampangandaran.blogspot.co.id/2015/03/cara-membuat-bibit-jamur-tiram-f1-dan.html, di akses 4 Agustus 2022

Fauzi, Mahdi, dkk. 2013. Pengaruh Tiga Media Tanam Serbuk Kayu Dan Pemberian Dan Pemberian Pupuk Pada Produksi Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus (var.) Florida). Jurnal Online Agroekoteknologi Vol.1, No.2, Maret 2013. ISSN No. 2337- 6597, diakses di http://jurnal.usu.ac.id.

Hasan Basri, 2014, Cara membuat bibit jamur tiram F1 dan F2 mudah dan sederhana , http;//jamurhasan Blogspot.Com. diakses 3 Agustus 2022 jam 19.00 Wit

Wahyu S, 2013, Pembuatan Baglog Jamur Tiram, http://mediabaglogjamurtiram.blogspot.co.id/2013/03/pembuatan-baglog.html, diakses 4 Agustus 2022 jam 9.00 wit.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).