Vol 5 No 3 (2022): Juli - September
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Perancangan Branding Desa Melalui Media Visual di Desa Tetebatu Selatan, Kecamatan Sikur, Lombok Timur

Penulis

Ahmad Jupri , Baiq Ummu Khofifah , Jamilatul Laili , Ersa Maulidiatus Soleha , Eka Sunarwidi P , Tapaul Rozi , Pahmi Husain

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i3.2184

Diterbitkan:

2022-09-23

Unduhan

Abstrak

Perkembangan teknologi infomasi yang semakin pesat memberikan dampak positif bagi seluruh aspek kehidupan bermasyarakat. Salah satu manfaat dari kemajuan teknologi informasi yang dapat dirasakan oleh masyarakat yang ada di pedesaan adalah kegiatan branding desa melalui program pemanfaatan teknologi audio-visual. Desa Tetebatu Selatan yang mulai berkembang dan meningkatkan sarana promosi agar dapat menjadi desa wisata yang baik dan dikenal masyarakat umum. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membuat rancangan dan strategi branding desa agar dapat menarik perhatian investor atau masyarakat luar untuk melakukan perjalanan baik dalam konteks wisata atau berkunjung ke desa Tetebatu Selatan. Metode pengabdian yaitu diskusi dan demonstrasi dengan membuat video pendek (dokumenter) yang berisi tentang kekhasan budaya dan potensi daerah yang ada Tetebatu Selatan dengan memasukkan beberapa potensi desa yang dimiliki seperti spot wisata, budaya dan kondisi sosial masyarakat setempat. Program branding desa melalui media visual ini yang telah diproduksi dapat ditayangkan melalui beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan YouTube untuk menarik perhatian para pengunjung sebagai sarana promosi dan edukasi dalam menunjang kegiatan wisata. Kegiatan pengabdian ini mendapat dukungan dan partisipasi dari masyarakat setempat mulai dari awal hingga akhir pelaksanaan kegiatan.

Kata Kunci:

Branding Desa, Media Visual, Tetabatu Selatan

Referensi

Jupri, A., Husain, P., Sucianawati, E., Ardina, G. A. D. N., Sunarwidi, E., & Rozi, T. (2022). Cegah Stunting dengan Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat di Desa Penedagandor Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur. ALAMTANA: Jurnal Pengabdian Masyarakat UNW Mataram, 3(2), 101-106.

Jupri, A., Syirojulmunir, D., Firmansyah, A., Prasedya, E. S., & Rozi, T. (2022). Rancang Bangun Papan Informasi Destinasi Wisata sebagai Penunjuk Lokasi Wisatawan di Desa Tetebatu Selatan Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 380-385.

Kompas. 2022. Cara Mengedit Video Menggunakan YouTube Video Editor, dikases pada https://tekno.kompas.com/read/2022/05/16/10150037/cara-mengedit-video-di-youtube-yang-telah-terunggah-dengan-cepat.

Permatasari, D. N. C. (2022). Perancangan Destination Branding Desa Wisata Bongan melalui Visual Branding dan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Makardhi, 2(1), 9-22.

Prabowo, O. A., Kuntjara, A. P., & Sutanto, R. P. (2019). Perancangan Visual Branding Desa Wisata Jambu Kabupaten Kediri. Jurnal DKV Adiwarna, 1(14), 10.

Wahyudin, A., Kristiadi, D., Utomo, A. S., Marwati, A., & Gulang, R. A. (2021). Pemanfaatan Multimedia Dalam Pengembangan dan Promosi Potensi Desa Wisata Adiluhur Kebumen. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 154-162.

Biografi Penulis

Ahmad Jupri, Universitas Mataram

Cara Mengutip

Jupri, A. ., Khofifah, B. U. ., Laili, J. ., Soleha, E. M. ., Sunarwidi P, E. ., Rozi, T. ., & Husain, P. . (2022). Perancangan Branding Desa Melalui Media Visual di Desa Tetebatu Selatan, Kecamatan Sikur, Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3), 285–289. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i3.2184