Pelatihan Pemasaran Online Produk Agroindustri di Kabupaten Lombok Utara
DOI:
10.29303/jpmpi.v5i4.2196Diterbitkan:
2022-12-10Terbitan:
Vol 5 No 4 (2022): Oktober-Desember 2022Kata Kunci:
Agroindustri; Industri Kecil Menengah; Pemasaran OnlineArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Pemasaran merupakan elemen penting menjalankan sebuah bisnis. Banyak pelaku bisnis yang meluangkan waktunya untuk memikirkan metode pemasaran apa yang tepat agar barang yang dijualnya laku di pasaran, karena sukses tidaknya bisnis bergantung pada metode/ cara pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha khususnya para pelaku Industri Kecil Menengaah (IKM). Masalah utama yang dihadapi oleh IKM adalah kurangnya pengetahuan dalam memasarkan produk agroindustri secara online. Minimnya pengetahuan IKM mengenai pemasaran online menginspirasi tim pengabdian kepada masyarakat untuk menyampaikan sosialisasi dan memberikan pelatihan mengenai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam memasarkan produk agroindustri. Jika pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) paham akan pentingnya pemasaran online, diharapkan mereka akan termotivasi untuk menggunakan digital marketing sebagai sarana komunikasi dan peluang bisnis untuk usahanya. Dengan adanya pelatihan yang diberikan terdapat perkembangan pemahaman dari mereka tentang pentingnya pemasaran online dengan memanfatkan marketplace dan media sosial sebagai wadah untuk mempromosikan produk yang ingin dijual.
Referensi
Nabilah S, Nursan M, Suparyana PK. 2021. Dampak pandemi covid-19 terhadap umkm (studi kasus umkm zea food di kota mataram). Jurnal Inovasi Penelitian. Vol.1 No.12.
Sadiyah K, Septiningrum LD, Hasan JM, Gustiasari DR, Darsita I. 2020. Pengenalan Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Penghasilan Ibu Rumah Tangga (IRT) Majlis Taklim AI Auladiyah. Dedikasi PKM. Vol 1 No.3.
Solihin, D. (2020), Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, Vol. 4, No. 1.
Solihin, D. (2020), Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada PT. Prima Ufuk Semesta Studi Pada Outlet Rekanan PT. Prima Ufuk Semesta di Wilayah JABODETABEK, Jurnal Semarak, Vol. 3 No.1.
Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan, Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol. 3, No. 3
Biografi Penulis
Sharfina Nabilah, Universitas Mataram
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).