Vol 5 No 4 (2022): Oktober-Desember 2022
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Pelatihan Pemasaran Online Produk Agroindustri di Kabupaten Lombok Utara

Penulis

Sharfina Nabilah , Tajidan , Halil , Efendy , Edy Fernandez

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i4.2196

Diterbitkan:

2022-12-10

Unduhan

Abstrak

Pemasaran merupakan elemen penting menjalankan sebuah bisnis. Banyak pelaku bisnis yang meluangkan waktunya untuk memikirkan metode pemasaran apa yang tepat agar barang yang dijualnya laku di pasaran, karena sukses tidaknya bisnis bergantung pada metode/ cara pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha khususnya para pelaku Industri Kecil Menengaah (IKM). Masalah utama yang dihadapi oleh IKM adalah kurangnya pengetahuan dalam memasarkan produk agroindustri secara online. Minimnya pengetahuan IKM mengenai pemasaran online menginspirasi tim pengabdian kepada masyarakat untuk menyampaikan sosialisasi dan memberikan pelatihan mengenai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam memasarkan produk agroindustri. Jika pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) paham akan pentingnya pemasaran online, diharapkan mereka akan termotivasi untuk menggunakan digital marketing sebagai sarana komunikasi dan peluang bisnis untuk usahanya. Dengan adanya pelatihan yang diberikan terdapat perkembangan pemahaman dari mereka tentang pentingnya pemasaran online dengan memanfatkan marketplace dan media sosial sebagai wadah untuk mempromosikan produk yang ingin dijual.

Kata Kunci:

Agroindustri; Industri Kecil Menengah; Pemasaran Online

Referensi

Nabilah S, Nursan M, Suparyana PK. 2021. Dampak pandemi covid-19 terhadap umkm (studi kasus umkm zea food di kota mataram). Jurnal Inovasi Penelitian. Vol.1 No.12.

Sadiyah K, Septiningrum LD, Hasan JM, Gustiasari DR, Darsita I. 2020. Pengenalan Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Penghasilan Ibu Rumah Tangga (IRT) Majlis Taklim AI Auladiyah. Dedikasi PKM. Vol 1 No.3.

Solihin, D. (2020), Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, Vol. 4, No. 1.

Solihin, D. (2020), Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada PT. Prima Ufuk Semesta Studi Pada Outlet Rekanan PT. Prima Ufuk Semesta di Wilayah JABODETABEK, Jurnal Semarak, Vol. 3 No.1.

Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan, Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol. 3, No. 3

Biografi Penulis

Sharfina Nabilah, Universitas Mataram

Cara Mengutip

Nabilah, S., Tajidan, Halil, Efendy, & Fernandez, E. . (2022). Pelatihan Pemasaran Online Produk Agroindustri di Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 287–290. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2196